Kemenhub Kaji Kelayakan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 23 Nov 2022 15:54 WIB

Kemenhub Kaji Kelayakan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

i

Foto ilustrasi, Foto: Dok KCIC.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji kelayakan atau feasibility study (FS) pembangunan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Adapun proyek ini berbeda dengan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya.

"Memang saat ini untuk kereta semi cepat sudah dalam bentuk fs (feasibility study). InsyaAllah dalam waktu dekat kita akan lakukan proses bidding (lelang) dan itupun bertahap,” kata Plt Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Kemenhub Siapkan 722 Unit Bus, Siap Layani Mudik Gratis Lebaran 2024

Indonesia bekerja sama dengan pihak Jepang dalam melakukan kajian kelayakan tersebut. Risal berharap bahwa proses kajian kelayakan tersebut dapat cepat selasai. Sehingga tahapan-tahapan dalam proses pembangunannya dapat segera terealisasikan.

Lebih lanjut, Risal menambahkan bahwa dalam tahapan pembangunan tersebut diharapkan dapat menghasilkan berbagai usulan, salah satunya yakni terkait dengan bagaimana nantinya proyek tersebut dapat memenuhi kebutuhan biaya operasionalnya.

Baca Juga: Kemenhub: Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Melonjak 70%, Siap-siap Diprediksi Macet Parah

"Kami berharap bahwa dalam proses perencanaan tersebut, mereka yang terlebih dapat memanfaatkan kemampuan untuk menggali manfaat di luar dari core bisnisnya yaitu penarikan tarif, sehingga beban APBN akan jauh lebih rendah," ujarnya.

Sebagai informasi, proyek kereta semi cepat akan melalui jalur utara pulau Jawa sedangkan kereta cepat Jakarta-Surabaya akan melalui jalur selatan pulau Jawa.

Baca Juga: Kemenhub Buka Program Mudik Motis, Motor Listrik Tak Bisa Ikut Mudik Gratis

Pada tahap pertama, pembangunan kereta semi cepat ini akan dilakukan dari Jakarta hingga Semarang. Kemudian, tahap kedua dilanjutkan dari Semarang ke Surabaya.

Nantinya kereta semi cepat Jakarta-Surabaya ini akan memiliki sekitar 800 lintasan sebidang dengan melakukan upaya realignment dari jalur yang sudah ada. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU