Kementan Tetapkan Madiun Penghasil Porang Kualitas Unggul

Bupati Madiun H Ahmad Dawami memegang porang. SP/ Kementan Madiun

SURABAYAPAGI.com, Madiun - Kabupaten Madiun kini ditetapkan sebagai penghasil porang yang memiliki kualitas unggul skala nasional oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dan yang pertama diakui pemerintah dan laik untuk pembibitan.

Selain itu, Bupati Madiun H Ahmad Dawami mengatakan bahwa Porang Jatim lokal Kabupaten Madiun, telah bersertifikat dengan memakai nama 'Porang Varietas Madiun 1'. Penetapan oleh Kementerian Pertanian tersebut melalui proses panjang dan telah mendapatkan SK sejak Juli 2020.

"Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian tertanggal 3 Juli 2020 dengan Nomor 906/HK.540/C/07/2020. Memutuskan bahwa Porang lokal Madiun layak setelah dilakukan penelitian. Namanya 'Porang Varietas Madiun 1'," jelas bupati yang akrab disapa Kaji Mbing, Minggu (7/3/2021).

Ia mengatakan, dikeluarkannya SK terkait 'Porang Varietas Madiun 1' skala nasional yang pertama di Indonesia, bertujuan untuk melindungi sumber daya genetik porang lokal di Kabupaten Madiun. Selain itu juga untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Madiun.

"Untuk melindungi sumber daya genetik lokal (porang) di Kabupaten Madiun, dan pastinya untuk kesejahteraan masyarakat Madiun," papar Kaji Mbing.

Kaji Mbing mengaku, penetapan 'Porang Varietas Madiun 1' melalui proses panjang, melalui evaluasi uji kelaikan selama sekitar setahun lamanya. Yakni dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun sejak pertengahan tahun 2019 hingga 2020.

"Yang jelas prosesnya panjang kita mulai ajukan ke Kementerian Pertanian lebih setahun dari awal sampai lulus melibatkan para tenaga ahli yang terpercaya," ungkapnya.

Kaji Mbing juga menambahkan, kelaikan 'Porang Varietas Madiun 1' juga dengan berbagai pertimbangan Kementerian Pertanian. Yakni bahwa Kabupaten Madiun merupakan sentra penghasil porang terbanyak sebagai komoditi ekspor.

"Pertimbangan lain bahwa Kabupaten Madiun merupakan sentra porang Indonesia dan penghasil terbanyak untuk ekspor," lanjutnya.

Sementara Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Sumanto, menegaskan bahwa penghasil utama porang di Kabupaten Madiun yakni di wilayah Gunung Pandan. Tepatnya Kecamatan Saradan. Di antaranya di Desa Klangon, Sumber Bendo serta Pajaran. Dsy9