Kementerian BUMN Kucurkan Modal bagi 336 Startup

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Sep 2022 14:49 WIB

Kementerian BUMN Kucurkan Modal bagi 336 Startup

i

Menteri BUMN Erick Thohir.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, BUMN sejak awal sudah punya sejumlah venture capital. Hingga saat ini, Kementerian BUMN telah melakukan investasi berupa suntikan modal kepada 336 perusahaan rintisan atau startup lokal.

Bahkan, startup-startup itu diantaranya ada yang berstatus soonicorn (startup yang berpotensi menjadi unicorn) maupun unicorn.

Baca Juga: Erick Diingatkan Koboi-koboi Baru Bermunculan di BUMN

Hal tersebut merupakan respon atas permintaan Presiden Jokowi terkait pemberian modal kepada perusahaan rintisan atau startup lokal agar bisa bersaing di industri digital.

"Kalau bapak ingat juga bagaimana sejak awal juga BUMN sudah mempunyai venture-venture capital, ada Mandiri Capital, BNI Ventures, ada Telkom, ada Telkomsel dan yang terakhir BNI saya minta untuk membuat venture capital," kata Erick di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara BUMN Startup Day, di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (26/9/2022).

Selain itu, Kementerian BUMN juga telah meluncurkan Merah Putih Fund yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 17 Desember 2021 silam. Merah Putih Fund sendiri merupakan lembaga pelat merah yang difokuskan pada pembiayaan perusahaan rintisan atau startup local.

Baca Juga: Erick Thohir, Apa Lemah Nasionalismenya, Terus "Belanja" Pemain Naturalisasi

Merah Putih Fund sendiri akan berinvestasi pada startup yang valuasinya relatif cukup besar.Dalam memberikan investasi, Erick Thohir menyampaikan sejumlah syarat antara lain pendirinya orang Indonesia dan mesti beroperasi di Indonesia.

"Karena itu lewat Merah Putih Fund kita masuk investasi di situ dengan catatan founder-nya orang Indonesia, perusahaan harus beroperasi di Indonesia dan bayar pajak di Indonesia, dan tentunya diprioritaskan untuk go public di Indonesia," tandas Erick.

Baca Juga: Pegawai BUMN akan Libur 3 Hari Sepekan

Maka dari itu, Kementerian BUMN terus berinovasi untuk menangkap peluang bisnis baru di tengah perkembangan ekonomi. Selain itu, pihaknya juga terus melakukan sinergi dengan startup lokal untuk pengembangan kapasitas bisnis dari gempuran asing, yakni melalui program BUMN Startup Day 2022.

"BUMN Stratup Day ini tidak lain bagaimana kita coba mendorong para BUMN ini juga mulai dekat kepada para startup," pungkas Erick Thohir. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU