Kemitraan Media Massa dengan Pemerintah Kota Blitar Menuju Blitar Keren, Tema Dialog Wali Kota Blitar Santoso dengan Puluhan Wartawan

Wali kota Blitar Drs H.Santoso M.Pd saat berikan sambutan. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Jelang akhir tahun 2022 Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik menggandeng para wartawan Media di Gedung Kusuma Wicitro pada Rabu 2 November 2022.

Dalam kegiatan tersebut langsung dipimpin oleh Wali kota Blitar Drs.Santoso M.Pd didampingi oleh Kadin Kominfo dan Statistik Kota Blitar Mujianto S.Sos M.Si.

Kegiatan yang diawali pukul 10.00 itu bertemakan Kemitraan Media Massa dengan Pemerintah Kota Blitar Menuju Blitar Keren, Mujianto dalam pembukaannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan acara yang hampir dua tahun tertunda akibat pandemi, untuk itu hari yang bahagia ini akan menjadikan momentum sinergitas antara wartawan dan media dengan Pemerintah kota Blitar kedepannya untuk menciptakan hubungan kemitraan yang positif dan humanis. 

Juga Mujiyanto mengatakan bahwa sejak 2019 humas yang biasanya merupakan mitra kerja teman teman wartawan dari berbagai media telah dihapuskan dan kini dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Statistik, untuk melanjutkan tupoksi dan fungsi humas.

Sekaligus Mujianto melaporkan kepada wali kota bahwa undangan yang disampaikan kepada wartawan yang terdiri dari media cetak harian, mingguan dan media online, TV dan radio sebanyak 100 undangan, yang hadir sekitar 65 persen, sebelum acara puncak diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

"Untuk itu kepada Bapak Wali kota untuk memberikan arahan, saran dan pesan kepada teman teman wartawan untuk sinergitas yang penuh keakraban dalam mitra kerja dengan Pemerintah Kota Blitar," kata Mujianto.

Sedang Wali kota Blitar Santoso dalam sambutanya dan harapannya kepada wartawan yang hadir, menyampaikan, bahwa wartawan merupakan roh dari informasi karena rekan rekan wartawan sangatlah penting bagi Pemerintah Kota Blitar.

Lebih lanjut Santoso juga mengungkapkan bahwa kemitraan Pemerintah Kota itu tidak hanya tiga pilar.

"Jadi kemitraan Pemerintah Kota tidak lagi tiga Pilar yaitu Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif saja, tetapi yang keempat adalah Wartawan," ungkap Santoso yang mengenakan pakaian adat Jawa Timuran ini.

 

Untuk itu tambah Santoso menjelaskan, wartawan dari berbagai media merupakan mitra kerja Pemkot Blitar yang menjadikan kolaborasi, kerjasama, kemitraan yang merupakan ujung tombak penyampaian informasi bagi Pemerintah daerah kepada masyarakat.

"Kami Pemkot Blitar menyadari bahwa rekan rekan wartawan adalah ujung tombak informasi Pemerintah daerah, kami sadari hal itu, apapun kegiatan yang dilakukan Pemkot Blitar khususnya bidang pembangunan, keberhasilan isinya untuk masyarakat tanpa kita kolaborasi dengan teman teman wartawan, kita tidak ada apa apanya, dan perlu diketahui wartawan adalah penyambung lidah rakyat untuk mengetahui keberhasilan baik pembangunan maupun keberhasilan yang dicapai pemerintah Daerah Kota Blitar," papar mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar ini dihadapan para wartawan.

Dengan kemitraan antara Pemkot Blitar dan wartawan  yang bertemakan Kemitraan Media Massa dengan Pemerintah Kota Blitar Menuju Blitar Keren ini sudah tepat, menurut Santoso menyatakan prestasi apapun yang selama ini yang telah kita ukir, masyarakat tidak akan tau atas prestasi Pemkot Blitar, bila teman teman wartawan tidak membantu untuk menyampaikan informasi ke masyarakat, sehingga tepat sekali pertemuan yang bahagia ini bertemakan Kemitraan media massa dan Pemerintah kota Blitar menuju Blitar Keren.

"Untuk itu kami berharap bagaimana dan situasi apapun kemitraan dengan wartawan maupun media yang ada di Blitar ini terus berkesinambungan dan berkolaborasi dalam informasi, seperti yang saya katakan wartawan adalah penyambung lidah Informasi bagi Pemkot Blitar untuk masyarakat." Pungkas Wali kota Blitar.

Setelah Wali kota Blitar akhiri sambutan dan pertemuan dengan wartawan dilanjut dengan acara pemberian wawasan tentang tugas dan pokok wartawan oleh Fiqih Ariani M.Medkom dari Surabaya. Kominfo Kota Blitar/Les