Home / Ekonomi dan Bisnis : Luhut Janji Elon Datang Bulan Desember 2022

Kena Prank lagi, Elon Musk Batal ke Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 14 Nov 2022 09:43 WIB

Kena Prank lagi, Elon Musk Batal ke Indonesia

i

Elon Musk.

SURABAYAPAGI.COM, Nusa Dua - Manusia terkaya sejagad raya, Elon Musk membatalkan lawatannya ke Indonesia untuk menghadiri Forum B20 atau B20 Summit. Padahal sebelumnya, mantan kekasih Amber Heard itu dipastikan hadir secara tatap muka. Indonesia pun kena prank pemilik Twitter ini lagi.

Jika memang datang, Elon seharusnya membawakan materi tentang menuju disrupsi inovasi teknologi global masa depan (Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation).

Baca Juga: Ekspansi Tesla ke Negeri Jiran Bikin Ketar-Ketir Indonesia, Luhut Langsung Turun Tangan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengonfirmasi ketidakhadiran Elon Musk ke acara KTT G20 yang diselenggarakan di Bali.

Menurutnya, CEO Tesla itu batal menghadiri KTT G20 karena ada urusan yang bersangkutan dengan media sosial yang baru saja diakuisisi olehnya, Twitter.

“Jadi Elon Musk karena dia ada masalah court (pengadilan) tanggal 18, dia harus hadir di court,” jelas Luhut kepada wartawan di BNDCC, Bali, Minggu (13/11/2022).

Hal senada dikatakan Ketua Energi Terbarukan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) RI Muhammad Yusrizki, kemarin.

"Batal," katanya dalam pesan pendek.

Seorang petinggi Kadin lainnya menyatakan informasi senada. Sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan, Musk berhalangan hadir karena ada kepentingan transaksi dengan Twitter yang tidak bisa ditingalkan. 

Kadin, kata sumber tersebut, mengetahui informasi ketidakhadiran Musk baru dalam dua hari ke belakang. Sejatinya, Kadin telah menyiapkan pelbagai kebutuhan Musk selama berada di Nusa Dua, Bali. 

Baca Juga: Ganti Logo Twitter Dengan Shiba Inu, Elon Musk Gegerkan Kripto Dogecoin

"Saya pastikan bahwa awalnya pasti akan hadir. Tidak mungkin kita telah menyiapkan segala sesuatunya dan ini kita lakukan terhadap semua pembicara yang sudah menyatakan confrimed untuk hadir," kata sumber itu. 

Musk sedianya akan mengisi sesi diskusi langsung bertajuk "Driving Sustainable and Inclusive Growth". CEO Tesla yang belakangan mengakuisisi Twitter tersebut akan menjadi pembicara berbarengan dengan Ketua Dewan Pengarah Kadin Anindya Bakrie dan ditutup oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai pembicara kunci. 

Sesi itu, berlangsung pada Senin, 14 November 2022, atau hari kedua rangkaian B20 Summit. Setelah dipastikan tak hadir secara fisik, Musk tetap akan menjadi pembicara di rangkaian acara G20 itu secara virtual. 

Alasan batalnya kedatangan Musk ke Indonesia belum terang. Sebelumnya, rencana kehadiran pemilik SpaceX itu diinformasikan Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid. 

Arsjad berharap Elon Musk dapat berinvestasi, termasuk di bidang teknologi agar ekonomi digital Indonesia semakin berkembang. Meski begitu, tak menutup kemungkinan Elon akan berinvestasi di sektor lainnya, seperti infrastruktur, manufaktur, hingga pendidikan. 

Baca Juga: Jokowi Tawarkan Konsesi Nikel ke Elon Musk, ESDM: Kita Dukung!

"Elon Musk saja datang ke Indonesia. Nah, masa yang lain enggak? Akan banyak lagi CEO top dunia yang datang ke B20," kata dia.

Meski kali ini batal, Luhut menegaskan, Elon Musk akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada bulan Desember terkait dengan rencana investasinya di Indonesia.

“Bulan Desember dia akan datang sendiri ke Jakarta setelah masalah court selesai,” papar Luhut.

Sebelumnya, Elon viral karena pertemuannya dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Hubungan mereka pun terlihat mesra. Namun Elon Musk justru batal ke Bali saat Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 kali ini. bl,jk3

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU