Kenaikan BBM Bisa Menjadi Skema Pemerintah Mendorong Masyarakat Beralih ke Moda Transportasi Massal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Sep 2022 19:54 WIB

Kenaikan BBM Bisa Menjadi Skema Pemerintah Mendorong Masyarakat Beralih ke Moda Transportasi Massal

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Dengan kenaikan harga BBM ini  tentu bakal makin memberatkan masyarakat. Dalam hal ini Menurut Wakil Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Surabaya AH. Thony menjadi opsi untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi. Adanya kenaikan harga BBM juga menjadi skema pemerintah untuk makin mendorong masyarakat untuk beralih ke moda transportasi massal. 

Bahkan, dengan kenaikan BBM ini Pemerintah juga bisa menaikkan pamor kendaraan listrik. Namun Masalahnya, kesanggupan masyarakat untuk membeli kendaraan listrik yang harganya masih melangit. 

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah Desak Pembangunan Saluran dan Gorong-gorong jadi Prioritas

Menurut AH. Thony, sebaiknya Pemerintah membuat kluster atau zonasi di tiap daerah diperlukan untuk menekan jumlah kendaraan yang beredar di jalan. Tak hanya di bidang pendidikan dengan adanya sistem zonasi, tapi juga ekonomi. 

Baca Juga: Suara Meningkat di Surabaya, Golkar Berhak Dapat Kursi Pimpinan Dewan

“Dua hingga tiga kecamatan dijadikan satu distrik atau kluster. Masyarakat di wilayah sana dipekerjakan saja di daerah sana, tak perlu keluar daerah. 

Baca Juga: Atasi Banjir, Reni Astuti Dorong Pemkot Ciptakan Dashboard Peta Titik Genangan

Thony melanjutkan, dimana kegiatan ekonomi masyarakat bisa terpusat di masing-masing distrik " Jadi, siklus ekonominya berputar disana. Ini bisa mengurangi kemacetan dan peredaran kendaraan di jalan,” ungkap Thony. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU