Kenali Penyebab Pusing Saat Hamil, Jangan Dianggap Remeh

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Mei 2023 11:15 WIB

Kenali Penyebab Pusing Saat Hamil, Jangan Dianggap Remeh

i

Illustrasi ibu hamil yang sedang mengalami pusing. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Ibu hamil, terutama di trimester pertama kerap mengalami pusing yang sangat mengganggu sehingga mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Bahkan, beberapa ibu hamil sampai harus bedrest karena rasa pusing berputar yang membuatnya kesulitan untuk bangun.

Meski demikian, seiring berjalannya waktu di trimester pertama, rasa pusing saat hamil pun lambat laun akan terasa berangsur membaik. Namun, dalam beberapa kondisi ada juga Ibu yang merasa pusing saat hamil ketika memasuki trimester kedua dan juga trimester ketiga. 

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Berikut penyebab pusing pada ibu hamil yang perlu diketahui.

Perubahan Hormon
Di masa kehamilan, tentu Ibu akan mengalami perubahan hormon secara signifikan. Perubahan yang terjadi pada hormon Ibu ini bisa jadi salah satu pemicu terhadap datangnya rasa pusing saat hamil yang mengganggu. Perubahan hormon sebagai penyebab rasa pusing saat hamil ini merupakan kondisi yang umum terjadi di masa kandungan Ibu. 

Pasalnya, perubahan hormon di masa kandungan ini dapat membuat dinding pembuluh darah di dalam tubuh Ibu jadi rileks dan melebar. Kondisi tersebut menjadi pemicu turunnya tekanan darah yang menyebabkan hadirnya rasa pusing saat hamil. 

Meskipun umum terjadi, rasa pusing saat hamil akibat perubahan hormon juga dianggap mengganggu, karena bisa menyerang kapan saja, bahkan saat Ibu sedang beristirahat sejenak dari aktivitas biasanya.

Tekanan Darah Rendah

Perubahan hormon terjadi di awal kehamilan yang diakibatkan oleh peningkatan aliran darah di dalam tubuh untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Namun, hal ini justru dapat mempengaruhi tekanan darah ibu yang secara alami menurun.

Mengutip Healthline Parenthood, tekanan darah rendah bisa terjadi selama awal kehamilan yang disebut dengan hipotensi. Hal ini menyebabkan ibu hamil merasa pusing, terutama ketika melakukan gerakan seperti merubah posisi dari duduk ke berdiri atau posisi saat berbaring.

Morning Sickness

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

Rasa mual di pagi hari juga kerap dirasakan banyak ibu saat hamil muda. Bahkan, beberapa ibu hamil juga mengalami mual dan muntah ekstrem yang disebut hiperemesis gravidarum. Kondisi membuat ibu kehilangan banyak cairan yang menyebabkan tubuh terasa lemas dan kepala pusing.

Kurang Zat Besi

Tubuh menciptakan lebih banyak pembuluh darah selama kehamilan. Proses ini membutuhkan lebih banyak asupan zat besi dan nutrisi lainnya. Bila kadar zat besi kurang dan tekanan darah rendah bisa menghambat jalannya oksigen ke otak. Ini lah yang akhirnya membuat ibu merasa pusing saat hamil muda.

Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah (hemoglobin) juga bisa menyebabkan pusing saat hamil, seperti dikutip dari Medical News Today. Salah satu penyebab anemia itu sendiri adalah defisiensi zat besi, Moms. Namun, dokter biasanya perlu melakukan tes untuk mengidentifikasi penyebab pastinya.

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Seseorang dengan pola makan vegetarian dianggap lebih rentan untuk mengalami anemia saat hamil karena kekurangan nutrisi. Anemia sendiri tidak hanya menyebabkan pusing, tapi juga kelelahan ekstrim, dan pingsan.

Perubahan Sistem Kardiovaskuler

Moms, sistem kardiovaskular mengalami perubahan yang cukup dramatis saat hamil. Mulai dari detak jantung yang meningkat, jantung memompa lebih banyak darah, hingga penambahan volume tubuh dalam darah yang mencapai 30-50 persen. Proses alami ini juga bisa menyebabkan berbagai ketidaknyamanan di awal kehamilan salah satunya rasa pusing yang tidak tertahankan. 

Cara Menangani Pusing Saat Hamil

  • Makan sedikit tapi sering, supaya perut selalu kenyang dan kadar gula darah stabil 
  • Carilah udara segar dengan menghabiskan pagi dan sore di luar ruangan.
  • Banyaklah minum saat Ibu kegerahan.
  • Jaga tekanan darah dengan makan makanan bergizi dan olahraga ringan secara rutin. 

Tips Mencegah Pusing Saat Hamil

  • Jangan bangun terlalu cepat dari tempat tidur atau kursi.
  • Jangan terlalu lama dan sering berendam dalam air panas (tubuh akan menjadi panas secara berlebihan).
  • Jangan berdiri terlalu lama. Jika terpaksa berdiri lama, cobalah tarik otot-otot perut sedikit ke dalam dan gerakan jari kaki agar sirkulasi darah tetap lancar.
  • Coba hirup minyak mentol atau minyak berbau segar.
  • Jangan biarkan perut lapar karena kadar gula darah bisa turun drastis
  • Selalu cek tekanan darah.
  • Minumlah cukup cairan agar tidak mengalami dehidrasi. dsy/kmp/ibb

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU