Kenang Jasa Pahlawan, Pemkot Terbitkan Buku Tentang KH Nawawi

Wali kota Mojokerto menyerahkan sebuah buku secara simbolis. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meluncurkan dua buku tentang Pahlawan Nasional dari Kota Mojokerto KH. Nawawi. Launching buku tersebut dilakukan di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk 50 Kota Mojokerto pada Selasa (29/11).

Dua buku tersebut berjudul Medan Bhakti Sang Kyai karya Ayuhanafiq serta antologi esai berjudul Kyai Muhammad Nawawi dalam Persepsi Generasi Kini.

Wali kota Ika Puspitasari mengapresiasi atas ditulisnya dua buku tentang syuhada dari Kota Mojokerto, Kyai Nawawi. "Pak Ayuhanafiq sudah berkenan menulis buku Medan Bhakti Sang Kyai, dan juga anak-anakku generasi muda, yang sudah mau memberikan satu apresiasi dalam bentuk tulisan," kata Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Masih kata Ning Ita, bahwa esai yang ditulis oleh para remaja Kota Mojokerto sebagai bentuk apresiasi terhadap leluhur yang telah meninggalkan satu kebaikan sehingga hari ini semua bisa menikmati damainya kemerdekaan.

Wali kota perempuan pertama Kota Mojokerto ini juga menegaskan bahwa penerbitan buku tentang KH. Nawawi merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Mojokerto untuk menanamkan pendidikan karakter dan untuk penguatan pemahaman Pancasila, bhinneka tunggal ika dan dasar-dasar kesatuan bangsa.

"Wujud nyata yang telah kami berikan sebagai kontribusi bahwa Pemkot Mojokerto juga menghargai para pahlawan adalah terbitnya dua buku tentang Kyai Nawawi serta dilaunchingnya aplikasi TMP Gajah Mada," tutur sosok yang memimpin Kota Mojokerto sejak 4 tahun yang lalu.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Novi Rahardjo bahwa penulisan buku tentang Kyai Nawawi ini merupakan tindak lanjut dari bedah buku yang diselenggarakan tahun 2021 lalu.

"Model napak tilas perjuangan Kyai nawawi kami tuangkan dalam berbagai hal yang berbeda, semoga tahun depan sudah normal situasi dan kondisinya sehingga kita bisa melakukan kembali napak tilas KH Nawawi dari Sukodono ke Mojokerto," harap Novi.

Pada kesempatan ini Ning Ita juga secara langsung menyerahkan buku tentang KH Nawawi kepada Ikatan Keluarga Besar Bani Nawawi, Kantor Cabang Pendidikan Provinsi Jawa Timur, LVRI dan PCNU Kota Mojokerto.

Launching buku KH.Nawawi ini merupakan salah satu kegiatan dari Disporapar Kota Mojokerto sebagai pengganti kegiatan Napak Tilas KH. Nawawi serta menjadi rangkaian kegiatan 4 tahun Ning Ita mengabdi. Dwi