Kepala Desa Jangkong Apresiasi Aktivis ALARM Sumenep Sukses Suarakan Perbaikan Jalan Rusak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Mei 2022 16:33 WIB

Kepala Desa Jangkong Apresiasi Aktivis ALARM Sumenep Sukses Suarakan Perbaikan Jalan Rusak

i

Kepala Desa Jangkong Kinandar Arif Santoso, SH (kanan) bersama sekretaris Majelis silaturrahmi Selendang Hitam, Emha Bayjuri. (SP/ Ainur Rahman)

SURABAYA PAGI, Sumenep - Kinandar Arif Santoso Kepala Desa (Kades) Jangkong, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep  mengapresiasi  aktivis Aliansi Pemuda Reformasi Melawan (ALARM) Sumenep. 

Berkat aktivis pemuda dan mahasiswa yang tergabung di ALARM tersebut akses jalan rusak di Desa Legung Barat menuju Desa Jangkong Kecamatan Batang-Batang yang segera direspon Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. 

Baca Juga: Pelapor Tanah Kas Desa di Sumenep, Janji Ungkap Kasus Lebih Besar dengan Pelaku Sama

"Akses jalan rusak di perbatasan antara Desa Jangkong dan Desa Legung Barat itu sudah 3 tahun rusak," tutur Kades muda ini kepada Surabaya Pagi, Selasa (31/5/2022). 

Pihaknya pernah melakukan perbaikan secara swadaya masyarakat. Tapi  tidak bertahan lama, karena aliran air hujan masih tersisa dan curah hujan susulan terjadi lagi yang menyebabkan jalan tersebut rusak kembali.

Kondisi tersebut, lanjut Kades yang akrab dipanggil Arif itu, disuarakan aktivis ALARM agar pemerintah Kabupaten Sumenep segera lakukan perbaikan. 

"Berterimakasih karena usaha keras aktivis ALARM bersama masyarakat Pantura menyampaikan aspirasinya ke Pemkab Sumenep sehingga jalan tersebut akan dilakukan perbaikan sementara pada awal bulan Juni ini," terangnya. 

Dirinya bersama Kades Legung Barat dan Camat Batang-Batang telah menemui langsung Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Sumenep Eri Susanto. 

Sesuai informasi yang diperoleh para Kades dari Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Sumenep, perbaikan sementara di awal bulan Juni ini. Khusus perbaikan permanen di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK)  2022. 

"Kami berterimakasih kepada Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang yang sudah menerima aspirasi pemuda bersama masyarakat timur daya untuk perbaikan jalan akses pariwisata, ekonomi, dan pendidikan tersebut," ucap Arif mewakili para Kades se- timur daya tersebut. 

Baca Juga: Pemkab Sumenep Gelar Festival Led Lebaran Hari Ketupat 2024 di Pantai Lombang Sumenep

WhatsApp_Image_2022-05-31_at_15.49.03WhatsApp_Image_2022-05-31_at_15.49.03

Sementara, Ketua Aliansi Pemuda Reformasi Melawan (ALARM), Syaiful Bahri menuturkan, dirinya bersama pemuda di pantura Sumenep komitmen untuk membantu masyarakat.

"Upaya kami menyampaikan keluh kesah masyarakat selama ini terkait jalan yang rusak itu kepada pemerintah," terang pemuda yang akrab disapa Ipung itu. 

Setelah perbaikan jalan, masyarakat tetap hati-hati naik kendaraan dan bersama- sama menjaga agar jalan yang sudah diperbaiki tersebut tidak rusak kembali. 

Pihaknya juga berterimakasih kepada instansi terkait telah menerima aspirasi kawan pemuda.

Baca Juga: 89,25 % Jalan di Jatim Berstatus Mantap

"Lebih-lebih kepada Bupati  Sumenep Bapak Achmad Fauzi yang sudah instruksi kepada instansi terkait agar jalan penghubung antar desa dan tiga destinasi wisata itu segera diperbaiki", tukas Syaiful Bahri. 

Lebih lanjut, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tatang Ruang Eri Susanto saat audiensi dengan aktivis ALARM menuturkan bahwa  sudah menyuruh stafnya untuk pengukuran di lokasi jalan yang rusak itu pada 19 Mei 2022 lalu.  

Pantauan di lokasi, material untuk bahan perbaikan jalan kabupaten rusak di Desa Legung Barat itu sudah tiba di lokasi usai pengukuran sementara. 

"Pihaknya juga berharap ketika perbaikan jalan ini sudah selesai, masyarakat sekitar mampu meningkatkan kembali perekonomian dan kesejahteraan di daerahnya," kata Eri Susanto saat menemui mahasiswa. (Ar)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU