Kepala Disperta Dilantik Jadi Sekdakab Mojokerto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 11 Okt 2021 16:07 WIB

Kepala Disperta Dilantik Jadi Sekdakab Mojokerto

i

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati melantik Teguh Gunarko sebagai Sekretaris Daerah (Sekdakab) definitif di Pendopo Pemkab Mojokerto, Senin (11/10/2021). SP/Dwi AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Teka-teki jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Mojokerto terjawab sudah. Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati melantik Teguh Gunarko sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) di Pendopo Pemkab Mojokerto, Senin (11/10/2021).

Teguh Gunarko yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Disperta) Kabupaten Mojokerto tersebut terpilih sebagai Sekda usai menyingkirkan lima peserta dalam Seleksi Terbuka (Selter) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) sistem rotasi mutasi.

Baca Juga: Dorong Daya Beli Masyarakat, Kejaksaan dan Pemkot Mojokerto Sinergi Gelar Bazar Sembako Murah

Sebelumnya, ada enam pejabat eselon II yang saat itu ditunjuk untuk mengikuti seleksi Selter JPTP Sekdakab yakni Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mojokerto Mieke Juliastutik, Kepala Dinas Pertanian Teguh Gunarko, Kepala DPUPR Kabupaten Mojokerto Bambang Purwanto, Kepala Dinas Sosial Ludfi Ariyono. Kemudian, Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto dan Kepala DPMPTSP Kabupaten, Abdulloh Muhtar, pada 14-15 September 2021.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan Teguh Gunarko didapuk menjadi Sekdakab sesuai rekomendasi dari Tim Pansel yang dilaksanakan secara terbuka dan objektif. Apalagi, Teguh masuk dalam kategori tiga terbaik dalam penilaian tersebut.

"Sangat objektif, jadi saya mengambil dari indikator penilaian yang terbaik karena tiga besar terbaik jadi ini betul-betul objektif," ungkapnya, Senin (11/10).

Ikfina menyebut Sekdakab mempunyai tugas dan fungsi pokok yang sangat penting guna mendukung Kepala Daerah dalam menjalankan roda pemerintahan. Selain itu, Sekdakab yang baru dilantik ini diharapkan mampu bersinergi dengan baik  sekaligus membuat kebijakan.

"Fokus Sekdakab tidak terlepas dari RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) karena banyak pekerjaan yang harus segera selesai, kita dituntut untuk lebih cepat kolaborasi dengan baik terutama dalam peningkatan infrastruktur dan penguatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Mojokerto," bebernya.

Baca Juga: Perkokoh Sinergitas, Pemkab Mojokerto Gelar Buka Puasa Bersama Ratusan Ulama dan Umaro

Menurut dia, pihaknya segera menyiapkan sosok pengganti jabatan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mojokerto yang ditinggalkan Teguh Gunarko.

"Segera kita siapkan penggantinya, sebetulnya sudah berproses sejak kemarin sehingga tinggal melanjutkan saja," jelasnya.

 

Sekdakab Kabupaten Mojokerto, Teguh Gunarko menambahkan tugas Sekda sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014  yakni membantu Kepala Daerah dalam merumuskan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Kemudian, mengkoordinasikan jajaran OPD dalam rangka pelayanan administrasi pada Kepala Daerah.

Baca Juga: Bupati Mojokerto Instruksikan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Rp 340 Miliar

"Tentunya, dalam waktu dekat kita akan membahas perubahan APBD 2021 yang sekaligus pembahasan ABPD Tahun 2022 dan tidak kalah pentingnya adalah penanganan Pandemi Covid-19," pungkasnya. 

Seperti diketahui, jabatan Sekda definitif Kabupaten Mojokerto hampir sembilan bulan mengalami kekosongan. Selama belum terisi, jabatan Pj Sekdakab diduduki Didik Khusnul Yakin yang merangkap sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto selama tiga bulan pada awal Januari 2021.

Kemudian, Pj Sekdakab Kabupaten Mojokerto dilanjutkan oleh Himawan Estu Bagijo yang merangkap jabatan sebagai Kadisnaker Provinsi Jatim, pada (5/4/2021) lalu. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU