Kerap Menerima Aduan Dari Warga, AH.Thony Minta PDAM Lebih Mengoptimalkan Aliran Air Ke Warga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 30 Nov 2022 15:10 WIB

Kerap Menerima Aduan Dari Warga, AH.Thony Minta PDAM Lebih Mengoptimalkan Aliran Air Ke Warga

i

Wakil Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) AH.Thony saat melakukan sidak ke Instalasi Penjernihan Ngagel 1 PDAM Surya Sembada.

Baca Juga: Penyesuaian Tarif PDAM Tepat Sasaran, DPRD Surabaya Dorong Validasi Data Pelanggan

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wakil Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) AH.Thony mengimbau Kepada PDAM, Thony untuk terus memaksimalkan layanan. Terlebih, jika kenaikan tarifnya cukup signifikan. Harus dilakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan air warga dengan lebih optimal. Termasuk melalui perbaikan hingga peremajaan pipa. 
 
Hingga kini, PDAM Surya Sembada memiliki pipa sepanjang 6200 km, di mana 300 km di antaranya berusia di atas 50 tahun dan 2.100 km berusia 30-50 tahun. Secara teknis pipa-pipa tersebut sudah saatnya diremajakan. Seluruhnya harus dilakukan dengan berkala. Petugas PDAm juga diimbau Thony untuk melaksanakan tugasnya dengan rajin. 
 
“Hal itu dilakukan sebagai bentuk nyata bahwa kenaikan tarif juga senada dengan layanan yang terus ditingkatkan. Kualitas dan kuantitas air harus meningkat,” tutur Thony. 
 
Selama ini, Thony juga kerap mendapat aduan dari masyarakat perihal air yang berwarna keruh dan kurang bersih. Menurutnya, hal itu disebabkan karena kebutuhan air di masyarakat tidak seimbang dengan percepatan penjernihan dari PDAM. 
 
“Jadi, perlu ada upgrade teknologi dalam proses pengendapan. Mungkin bisa dengan elektroda sehingga material lebih cepat mengendap sehingga lebih cepat pula dipisahkan antara air keruh dan jernih,” ungkap Thony. 
 
 
Perihal air keruh, Nanang menjelaskan bahwa hal itu disebabkan karena volume air ditambah. Untuk memenuhi kebutuhan air warga, PDAM Surya Sembada menambah volume air sehingga tekanan juga makin besar. Tekanan yang besar itu mengakibatkan dua kemungkinan. Yakni, pipa yang lebih sering bocor serta air yang mengeruh karena sedimentasi kotoran di pipa ikut terdorong. 
 
Untuk makin memperlancar aliran air ke banyak wilayah, PDAM Surya Sembada bakal membangun rumah pompa di Jalan Demak, tepatnya di area Makam Mbah Ratu. Disana, terdapat pertemuan dua pompa besar yang dapat menghasilkan kekuatan hingga 6000 kubik per detik. “Targetnya, Januari pembangunan sudah mulai berjalan,” ujar Nanang. 
 
Kepada PDAM, Thony terus mendorong untuk melakukan berbagai langkah inovatif. Tujuannya, memberikan layanan yang maksimal agar sesuai dengan tarif yang dibayar warga. “Apapun programnya, harus bermuara pada pengoptimalan aliran air ke warga,” terangnua Thony. Adv/Alq

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU