Kereta Ambyar, Solusi Tingkatkan Layanan Kesehatan di Lamongan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 05 Jan 2023 19:11 WIB

Kereta Ambyar, Solusi Tingkatkan Layanan Kesehatan di Lamongan

i

Bupati saat meresmikan inovasi layanan kesehatan kereta ambyar di Puskesmas Deket. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Satu lagi inovasi di bidang kesehatan baru diresmikan oleh bupati Yuhronur Efendi, Kamis (5/1/2023) yakni kereta ambyar. Inovasi dalam rangka meningkatkan mutu kesehatan di Lamongan itu, khusus menscreening kesehatan tanpa bayar untuk penyakit tidak menular di Puskesmas Deket.

Dilengkapi dengan alat pemeriksaan kesehatan dengan fasilitas screening meliputi cek kolesterol, gula darah, asam urat, jantung dan pemeriksaan fisik lainnya yang diperuntukkan untuk usia 15-59 tahun serta didukung tenaga kesehatan profesional, menjadikan inovasi ini dapat menunjang puskesmas untuk dijadikan rujukan pertama oleh masyarakat.

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

Selain meresmikan inovasi kereta Ambyar, bupati yang didampingi Kadinkes Lamongan dr Taufik Hidayat, juga meresmikan gedung PONED (Obstetri Neonatal Emergensi Dasar), yakni fasilitas pelayanan khusus ibu bersalin, baik secara normal atau dengan emergency dasar yang ditunjang dengan ruang pemeriksaan, ruang bersalin, ruang nifas, ruang rawat inap yang nyaman dan USG. 

Bahkan untuk melengkapi fasilitas ini, Puskesmas Deket membuat program rujukan Jempol (jemput antar pasien pulang kontrol di rumah dengan ambulan) yang semakin memudahkan dan mendekatkan layanan kesehatan khususnya persalinan kepada masyarakat yang jauh dari jangkauan rumah sakit.    

 

Diungkapkannya usai meresmikan, dengan hadirnya berbagai layanan penunjang di fasilitas kesehatan tingkat I ini diharapkan semakin memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Lamongan.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

“Kini semua puskesmas memiliki inovasi sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, kita harapkan semakin memperbaiki kualitas pelayanan, termasuk tadi inovasi kereta ambyar Puskesmas Deket dan peresmian gedung Poned," lanjutnya. 

Tentu kata bupati, inovasi ini berseiring dengan hasil survei Ombudsman yang menunjukkan nilai tertinggi dicapai puskesmas, dari 7 layanan publik yang dilakukan survei, ini menunjukkan apa yang dilakukan puskesmas membawa dampak positif bagi kualitas layanan kesehatan di Lamongan.

Tak hanya meresmikan fasilitas penunjang kesehatan di Puskesmas Deket, dengan mengendarai motor trail, bupati yang kerap disapa  Pak Yes ini melanjutkan perjalanannya mengunjungi sekaligus meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Gempol Pendowo Kecamatan Glagah. Meski sangat sederhana, dengan keberadaan Pustu ini diharapkan semakin menjangkau pelayanan kesehatan di desa.

Baca Juga: Lembaga Sosial Terus Diberdayakan Untuk Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

Usai meresmikan Pustu Desa Gempol Pendowo, Pak Yes juga mengunjungi Puskesmas Glagah, disana Beliau meresmikan gedung Poned, gedung rawat inap dan inovasi Rindu Si Ayo (klorin diffuser untuk desinfeksi air layak guna).

“Senang sekali dan bangga sekali saya bisa meresmikan gedung poned dan rawat inap dan tadi juga Pustu Gempol Pendowo, tentu dengan penuh harap bahwa kehadirannya di tengah-tengah masyarakat menjadi jujukan sebagai pelayanan kesehatan oleh masyarakat khususnya Glagah dan sekitarnya. Ayo kita imbagi dengan pelayanan yang baik dan maksimal, Bu kapus kita gerakkan SDM disini untuk meningkatkan pelayanan,” jelasnya.

Melengkapi lawatannya, bupati juga singgah di Desa Sukorejo Kecamatan Karangbinangun untuk menilik sekaligus meresmikan Pustu desa setempat. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU