Kesalahan Penggunaan Masker Tak Optimal Tangkal Covid-19

Salah satu penggunaan masker yang salah. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Penggunaan masker ketika keluar rumah merupakan hal yang wajib saat musim pandemi . Hal ini menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan di manapun. Penggunaan masker ini diharap bisa menekan laju penyebaran Covid-19 yang masih terus meningkat. Terutama ketika vaksin dari penyakit ini masih belum ditemui.

Namun, sejumlah orang juga kerap menggunakan masker secara sembarangan sehingga tidak optimal. Banyak orang yang salah dalam penggunaannya juga bisa berdampak tidak optimal. Diantanya, tidak menggunakan masker merupakan kesalahan yang banyak dilakukan orang pada saat ini.

Bahkan pada mereka yang terbiasa bepergian dengan masker kadang masalah ini masih terjadi ketika mereka berolahraga atau saat membeli sesuatu di toko sekitar rumah dan menganggap baik-baik saja tanpa menggunakan masker.

Nyatanya, kita tidak pernah tahu seberapa aman lingkungan kita atau mungkin tetangga yang tak sengaja berpapasan dengan kita. Ketika ada tamu yang datang ke rumah, juga disarankan agar kita tetap memakai masker untuk menekan sejumlah risiko yang bisa muncul.

Banyak orang menggunakan masker dengan ukuran yang tidak benar-benar tepat terutama pada anak-anak. Masker yang terlalu kecil bisa membuat banyak bagian wajah tetap terpapar sedangkan ukuran terlalu besar bisa terlalu longgar dan mudah terbuka.

Sebelum menggunakan masker, kamu perlu mencuci tangan dengan benar. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih atau kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer. Hal ini sangat penting kamu lakukan terutama jika kamu sempat mencopot masker pada saat keluar rumah.

Masker kain perlu diganti dan dicuci secara berkala terutama setiap kali dipakai. Kamu bisa mencucinya di mesin cuci bersama pakaian atau dicuci secara manual menggunakan tangan.

Disarankan untuk menggunakan air hangat atau juga pemutih untuk membunuh virus yang mungkin menempel. Setelah itu, keringkan di bawah sinar matahari untuk mencegah munculnya bakteri.

Selain masker kain, kamu juga bisa menggunakan masker sekali pakai untuk digunakan. Hanya saja pastikan untuk tidak menggunakan masker medis berulang kali.

Ketika digunakan, kualitas masker ini bakal menurun. Menggunakannya berkali-kali bisa membuat fungsi perlindungan dari masker ini tidak berjalan secara sempurna.

Ada kemungkinan masker kita bakal terjatuh atau terlupa ketika keluar rumah. Ketika masker yang kita gunakan terjatuh dan kotor, maka menggunakannya malah bisa berbahaya.

Oleh karena itu, disarankan untuk membawa masker cadangan ketika kita keluar rumah. Hal ini perlu menjadi sebuah rutinitas yang diterapkan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Dsy16