Kesalahan Umum yang Dilakukan Saat Mencuci Tangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Mar 2023 19:54 WIB

Kesalahan Umum yang Dilakukan Saat Mencuci Tangan

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Cuci tangan merupakan salah satu langkah pencegahan penularan penyakit yang sangat dianjurkan. Namun, beberapa kesalahan saat mencuci tangan justru dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan kuman, seperti norovirus atau influenza.

Menurut beberapa dokter dan tenaga kesehatan lain, ada lima kesalahan paling umum yang dilakukan saat mencuci tangan. Berikut ini adalah lima kesalahan tersebut, seperti dilansir laman Best Life, beberapa waktu lalu:

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Kurang sabun atau hanya andalkan hand sanitizer. Bila tak ada air dan sabun, hand sanitizer memang bisa menjadi alternatif untuk membersihkan tangan sementara. Akan tetapi, alkohol tidak bisa membunuh semua jenis kuman secara menyeluruh.

"Dan (hand sanitizer) juga tak seefektif mencuci tangan dengan sabun dan air," kata pendiri bioReigns, Devin Stone ND.

Penggunaan sabun saat mencuci tangan pun tak boleh terlalu sedikit. Gunakan sabun dalam jumlah yang cukup untuk memastikan seluruh tangan terlapisi oleh sabun saat mencuci tangan.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Tidak menyeluruh. Banyak orang yang hanya berfokus pada telapak tangan saat mencuci tangan. Padahal, kuman juga bisa bersarang di banyak area tangan lain, seperti ujung jari dan bawah kuku. Area sela-sela jari, sekitar kutikula, serta area kulit yang tertutup aksesoris seperti cincin atau jam tangan juga perlu dikenai sabun saat mencuci tangan.

"Penting bahwa cuci tangan harus mencakup semua permukaan di kedua sisi tangan Anda," kata peneliti dari GOJO Industries, Dawn Yeomans PhD.

Durasi mencuci tangan dengan sabun yang direkomendasikan adalah sekitar 20 detik. Kurang dari itu, aktivitas mencuci tangan akan kurang efektif. Bila sulit untuk menghitung 20 detik saat mencuci tangan, coba nyanyikan lagu "Happy Birthday" sebanyak dua kali.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Menyentuh keran setelah cuci tangan. Keran merupakan area yang kerap disentuh saat tangan dalam kondisi kotor. Oleh karena itu, menyentuh keran setelah mencuci tangan bisa kembali mengontaminasi tangan. Sebagai alternatif, keringkan tangan terlebih dahulu dengan handuk atau tisu setelah mencuci tangan. Setelah itu, gunakan handuk atau tisu untuk memutar keran agar air tak terus mengalir.

Menggunakan handuk kotor. Tangan yang basah bisa menjadi media penyebar kuman. Karena itulah, penting untuk mengeringkan tangan setelah mencucinya dengan air. Namun, hindari mengeringkan tangan dengan handuk yang kotor atau sudah dipakai berulang kali. Handuk seperti ini biasanya menjadi sarang kuman dan bisa membuat tangan yang bersih kembali terkontaminasi.hlt/cci

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU