Kesenian Asal Kota Kediri Ikut Meriahkan Performing Arts Anjungan Jawa Timur di TMII

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Des 2021 11:42 WIB

Kesenian Asal Kota Kediri Ikut Meriahkan Performing Arts Anjungan Jawa Timur di TMII

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Dinas Kebudayan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Kediri (Disbudparpora Kota Kediri) ikut memeriahkan gelaran Tari Jaranan Kadiren, Lagu Daerah, Fragmen Tari dengan judul "Brantamara Girab" Performing Arts Anjungan Jawa Timur yang ada di TMII Jakarta, (5/12/2021).

Kepala Disbudparpora Kota Kediri, Zachrie Ahmad mengatakan, Kota Kediri mendapatkan kesempatan untuk menampilkan salah satu kesenian ke TMII. "Setiap tahun Kota Kediri selalu memberangkatkan perwakilan untuk mengenalkan kesenian asli daerah ke Ibukota Jakarta," ungkap Kepala Disbudparpora Kota Kediri.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kediri Naik

Kegiatan pertunjukan seni ini Sanggar Jaranan Panoleh yang dipandegani oleh Bopo Hary Pratondo ini tampil di TMII dengan cerita Tari Jaranan Kadiren, Lagu Daerah, Fragmen Tari dengan judul "Brantamara Girab"

"Kita mengirimkan duta seni ini dalam kondisi masih pandemi, kita berpikir juga bagaimana nanti kita latihannya di sana dan segala macam akhirnya kita putuskan ya sudah kita berangkat tapi dengan proses yang ketat. Jumlahnya kita juga dibatasi seperti itu sehingga ya mohon maaf dari Mbak Mbak dari Sanyuri," ujar Zachrie. 

Kesenian jaranan di kota Kediri sangat familiar sekali di setiap event mungkin ada pertunjukan-pertunjukan namun kali ini digelar di panggung bukan digelar secara luas biasanya kalau jaranan itu jarang digelar di panggung. Ini menunjukkan bahwa kesenian jaranan ini lebih bagus lagi ya kita harapkan pemahaman terkait dengan jaranan ini tidak dingin lagi ini akan terus kita angkat di mata masyarakat bahwa seni jaranan layak untuk kita tonton. 

Baca Juga: Racik Mercon, Warga Kediri Diringkus Polisi

Zachrie Ahmad berharap Kesenian Jaranan Kediri dapat berkolaborasi dengan Jaranan Bandung dan Jakarta untuk berkolaborasi untuk menampilkan Kesenian Jaranan yang lebih menarik. 

Ia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kepala badan penghubung provinsi Jawa timur yang telah memberikan kesempatan pada pemerintah Kota Kediri untuk mengirimkan duta seninya. 

Baca Juga: Relawan Suket Teki Nusantara Tasyakuran Kemenangan Prabowo - Gibran di Kediri

"Kami dari pemerintah Kota Kediri dengan penampilan seni ini kita juga mempunyai misi juga untuk memunculkan atau meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif lagi di masa pandemi seperti ini," tandasnya. 

Pagelaran seni ini Pemerintah Kota Kediri juga membawa UMKM Khas Kota Kediri, seperti, ada kerupuk goreng pasir, sambel pecel, dan tenun tenun ikat serta ada batik khas Kediri. Dengan pagelaran seni ini bisa membuat obat kangen atas kesenian yang setelah sekian lama fakum adanya pandemi. Can

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU