Kesulitan Air Bersih, Ribuan Warga Surabaya Timur Berebut Air Bersih

Warga mengantre untuk mendapatkan air bersih dari tangki air PDAM Surya Sembada, di kawasan Nginden Jangkungan Surabaya, Jawa Timur, Senin (25/1/2021). SP/Julian

 

Gara-gara Pipa Berdiameter 300 mm Bocor Sejak Minggu

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Senin (25/1/2021) kemarin, ratusan warga Surabaya di daerah Surabaya Timur mengalami kekurangan air bersih PDAM. Pasalnya, ada perbaikan pipa berdiameter 300 mm di kawasan Waduk Baratajaya Surabaya.

Melalui akun twitter PDAM Surya Sembada Surabaya, ada perbaikan pipa berdiameter 300 mm di Baratajaya, yang akan berimbas pada distribusi air ke pelanggan di kawasan Ngagel, Barata Jaya, Krukah, Pucah, Gubeng, Kertajata, Nginden, Panjang Jiwo dan sekitarnya.

Alhasil, beberapa warga di kawasan tersebut mengalami kesulitan air. Seperti yang dialami Lison, salah satu warga di Gubeng Kertajaya VII Raya. Sejak pagi, air PDAM mengalir kecil. “Sejak Senin pagi, airnya mengalir kecil. Bahkan, malam ini juga keluarnya agak keruh. Akhirnya saya beli air literan, mas,” ujar Lison, di depan rumahnya, Senin sore kemarin.

Hal senada juga diungkapkan Ferlina, warga Gubeng Kertajaya V, juga mengalami hal yang sama. Bahkan, dirinya harus meminta air dari tetangganya yang kebetulan memakai tandon penyimpanan air.

“Airnya malah netes-netes. Saya minta air ke tetangga, yang kebetulan ada tandon. Beberapa orang yang gak punya tandon juga minta ke pak RT yang juga punya tandon,” tambah Ferlina.

Sementara, PDAM Surya Sembada Senin (25/1/2021) menyediakan beberapa tangki air bersih secara gratis, yang dibagi beberapa daerah. Namun, dari pantauan Surabaya Pagi, tangki air disediakan di kawasan Nginden Jangkungan, Surabaya.

Salah satu pengemudi truk tangki air PDAM, Arif Syarifudin menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan air setiap hari petugas mengirim 1 gang 1 tangki. Tidak bisa dipastikan sampai kapan air PDAM akan kembali normal karena masih dalam proses perbaikan pipa. "Estimasi belum bisa dipastikan sampai kapan kita mengirim air," ucapnya.

Sementara itu, Rofiah warga Nginden Jangkungan mengaku air PDAM sudah dua hari satu malam tidak mengalir. Tepatnya sejak Sabtu (24/1) kemarin. Adanya tangki PDAM gratis cukup membantu warga. "Ini sangat membantu. Kamu disini sangat butuh air. Terimakasih bantuannya," katanya.

Senada juga diungkapkan Irwanto, warga Nginden Jangkungan, hingga Senin malam, air juga belum mengalir.

Sementara, SPV Humas PDAM Surya Sembada Surabaya, Andriana, Senin (25/1/2021) melaporkan, sejak Senin sore, perbaikan pekerjaan pipa diameter 300mm telah rampung. “Progres pekerjaan pipa bocor diameter 300mm di Waduk Baratajaya sudah selesai. Saat ini proses normalisasi aliran,” ujarnya, di akun twitter @PDAMSurabaya, Senin (25/1/2021).

Sebelumnya, PDAM Surabaya telah memberitahukan akan adanya perbaikan pipa diameter melalui akun twitter, Minggu (24/1/2021). “Pekerjaan perbaikan pipa diameter 300mm di Waduk Baratajaya. Drh terdampak: Ngagel, Baratajaya,  Krukah, Prapen,Nginden,Panjang Jiwo, Gubeng, Kertajaya, Moestopo, Dharmahusada dsk.  warga terdampak yg mmbutuhkan air tangki gratis (1 tangki u 5-7KK) hub Call Center 08001926666,” tulis di twitter @PDAMSurabaya, Minggu (24/1/2021). pat/cr2/rmc