Keterbatasan Fisik Antarkan Cak Met Eksis Jadi Konten Kreator

Slamet Riyadi. SP/ TRG

SURABAYAPAGI.com, Trenggalek - Kondisi fisik Slamet Riyadi tak sesempurna orang normal. Beberapa anggota tubuhnya, kedua kaki dan kedua tangannya tak tumbuh secara wajar. Slamet menerima kondisi itu sejak dia dilahirkan. Kini ia mampu mandiri, mencari pundi-pundi rupiah hasil keringatnya sendiri. Bermodal kreativitas, Slamet bisa meraup Rp 3 juta sebulan dari SnackVideo.

Tiga tahun Cak Met mengembangkan softskill, berbuah manis. Hobi bernyanyinya kian dikenal masyarakat. Yang membuat Cak Met banjir job sekitar 2018 lalu. Sebulan, hobi menyanyikan lagu dangdut dan campursari itu bisa menghasilkan di atas Rp 1 juta. "Sekali tanggapan itu biasanya diberi Rp 700 ribu," ucapnya.

Kondisi itu tak berlangsung lama, pandemi Covid-19 membuat kegiatan masyarakat menjadi terbatas. Job bernyanyi yang diandalkannya kian sepi. Cak Met iseng-iseng membuat video pendek di TikTok, menceritakan aktivitas keseharian seorang penyandang cacat fisik. Tak pelak, animo warganet yang menonton video itu meledak. Hingga ditonton lebih dari 2 juta orang.

"Tak menyangka saja, barusan upload, jangka beberapa hari itu menjadi viral. Beberapa video lain pun juga ada 1-2 juta penonton," ujar pemilik akun Tiktok Cakmet Real_2 tersebut.

Dari beberapa video yang viral, Cakmet akhirnya mendapat tawaran kerja sama pihak manajemen SnackVideo. Mereka menawarkan Cak Met dapat mengunggah konten-konten video di aplikasi tersebut. Dia pun menyanggupinya, dengan mengunggah dua video tiap harinya. "Saya menerima tawaran itu karena ada gaji di tiap bulannya," kata dia.

Dalam sebulan, penghasilan Cakmet minimal Rp 3,4 juta. Apabila ada video-video yang viral, penghasilannya pun melejit hingga pernah sentuh Rp 8 juta. Konten-konten yang diunggahnya pun bervariasi. Meliputi video jenaka, bernyanyi, maupun membuat video berdasar permintaan warganet. Karena tak sedikit warganet yang penasaran cara Cak Met salat dan lain-lain.

"Banyak komentar warganet yang positif maupun negatif. Tapi saya tak begitu memikirkan komentar negatif, niat saya membuat video hanya untuk menghibur orang saja," ucapnya.

Kini, Cak Met sukses menjadi kreator konten SnackVideo. Dia berharap bisa konsisten membuat konten video yang kreatif dan menarik. Dsy1