Ketersediaan Stok Avtur Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Pekerja beraktivitas di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Halim Perdana Kusuma. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Bandara penerbangan kini mulai dibuka kembali seiring dengan wabah Covid-19 yang kian menurun. Oleh karenanya sarana dan fasilitas DPPU Pertamina saat ini dalam siap maksimum, Sebab ketersediaan stok avtur di sejumlah depot justru meningkat selama masa pandemi Covid-19 dibandingkan hari-hari normal.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan, Pertamina juga memastikan ketersediaan stok dan kelancaran pasokan yang diperlukan. Perseroan juga berkoordinasi dengan maskapai dan instansi terkait untuk berkoordinsi mengonfirmasi jumlah penerbangan periode haji dan estimasi kebutuhan avtur.

"Jadi selama pandemi ini pasokan di atas 60 hari bahkan sempat di atas 200 hari. Meskipun penerbangan lagi turun tetapi fasilitas tetap kami jaga," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (8/4/2021).

Pihaknya telah menyiapkan depot pengisian pesawat udara di setiap embarkasi keberangkatan haji mulai dari Aceh sampai dengan Makassar.

Mengenai kapasitas penyimpanan Pertamina sebesar 188.000 kiloliter (KL) yang dilengkapi dengan armada sebanyak 155 unit. Pertamina mengelola 13 embarkasi dengan mengerah sebanyak 536 sumber daya manusia.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk tidak panik karena kejadian ini. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan panic buying karena adanya kasus ini, karena Pertamina memastikan stok masih sangat cukup dan tidak akan ada kelangkaan BBM.

Masud menjelaskan dalam kurun waktu lima tahun terkahir yakni periode 2015--2019, pertumbuhan konsumsi avtur selama musim haji adalah sebesar 5 persen. Pada 2019 total konsumsi avtur untuk penyelenggaran haji tercatat sebesar 85.000 kl.

Sementara itu, per Selasa (5/4/2021), rata-rata jumlah pasokan avtur Pertamina berada pada level rata-rata pada 65 hari.

Saat ini Pertamina bisa memonitor langsung stok yang ada di setiap SPBU. Ia memastikan bahwa ketika terjadi habis stok di SPBU maka bisa langsung dipasok dari kilang lainnya. Dsy17