Ketua AKD Sumenep : Tetap Jaga Keharmonisan dan Kerukunan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 16 Des 2020 18:15 WIB

Ketua AKD Sumenep : Tetap Jaga Keharmonisan dan Kerukunan

i

Foto : H. Miskun Legiyono Kepala Desa Pangarangan Kecamatan Kota Kab. Sumenep (SP /Ainur Rahman)

SURABAYA PAGI, Sumenep -  H. Miskun Legiyono mengaku kemenangan Achmad Fauzi dan Nyai Eva adalah murni pilihan masyarakat Kabupaten Sumenep, mungkin karena Achmad Fauzi masih menjabat sebagai wakil Bupati Sumenep sehingga masih melekat dihati masyarakat tentang sosok beliau yang santun dan kharismatik.

Sebagai kepala Desa sambungnya, jelas memiliki hak pilih dan memiliki pilihan terhadap pemimpin kab. Sumenep. “Jadi wajar jika pilihan saya diikuti oleh masyarakat saya, bukan berarti saya mempengaruhi mereka, hanya saja mereka tahu tentang pilihan saya” katanya kepada Surabaya Pagi, Rabu (16/12).

Baca Juga: Tercatat Sejarah, SMAN I Arjasa Sumenep Peraih OSN Kabupaten Terbanyak Tahun 2024

Selain itu, pihaknya mengaku “namanya pilihan siapapun berhak memilih”. Kepala desa juga memiliki hak untuk memilih dan menentukan pilihannya terhadap paslon yang disukai. “Masalah masyarakatnya itu kan tergantung kepada mereka. Yang terpenting mereka menggunakan hak pilihnya, kepada siapa mereka memilih” ungkapnya.

Ia mengatakan masalah pilihan itu hak setiap orang yang memiliki hak pilih, nah untuk dipengaruhi atau tidak, itu jelas melihat siapa yang ditokohkan. Jadi hal yang wajar jika kepala desa mengambil sikap dan menentukan pilihan, lalu masyarakatnya mengikuti pilihan tersebut.

Mengenai tudingan dirinya ikut mempengaruhi masyarakat. Ia berkomentar “ Mungkin karena nama saya diketahui sebagai ketua Asosiasi Kepala Desa se-Kab Sumenep, namun nyatanya saya tetap menjaga netralitas paslon, tapi kan kepala Desa punya pilihan ya, pasti memiliki pilihan. Apalagi kepala Desa bukan Aparatur Negeri sipil (ASN) jadi kita mengikuti alur saja” tegasnya.

Baca Juga: KPU Jatim Gelar Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

"Siapapun bupatinya adalah pilihan masyarakat Kab Sumenep, yang terpilih semoga amanah dan dapat membawa kab. Sumenep lebih sejahtera, jadi masyarakat kab. Sumenep, untuk kembali beraktifitas dan menjaga kerukunan bersama "  kilahnya.

Diketahui Miskun Legiyono sebagai Ketua AKD Kab. Sumenep, menghimbau agar masyarakat kab. Sumenep melalui kepala desa di tingkat kecamatan untuk senantiasa menjaga kondusifitas, kerukunan dan keamanan di tingkat desa, lebih aman dan sejahtera lagi, seperti sebelum pilkada.

Baca Juga: Pilkada 2024, Rukretmen Badan Adhoc Tunggu Petunjuk Teknis

Dikatakan Miskun, pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kerukunan bersama, jangan sampai karena tidak sama pilihan pada waktu pilkada di desa sampai terjadi kerenggangan, pilihannya sudah selesai permusuhannya masih berjalan, sekali lagi jangan sampai terjadi permusuhan, jadi ini adalah tugas kepala desa untuk meredam persoalan dibawah.

"Semoga masyarakat Kab. Sumenep kembali rukun dan harmonis kembali seperti sedia kala, dan tetap menjunjung bupati terpilih " pungkasnya. Ar

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU