Ketua DPRD Bangga Prestasi Atlit asal Jatim di Porwarnas XIII Malang

Ketua DPRD Jatim Kusnadi bersama perwakilan atlit Porwarnas XIII asal Jatim dan Ketua PWI Jatim Lutfi Item di Malang, 25/11/2022.

MALANG, Surabaya Pagi - Ketua DPRD Jawa Timur sekaligus Komandan Kontingen Jatim di Porwanas ke- XIII 2022, Kusnadi SH beri apresiasi kepada atlit tim Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) Jatim yang telah memberikan yang terbaik bagi Jatim selama penyelanggaran Porwanas ke- XIII di Malang Raya 20-26 Nopember 2022.

Raihan medali yang telah dipersambahkan oleh para atlit jurnalis Jatim yang berlaga telah menunjukkan komitment yang kuat untuk meberikan yang terbaik untuk nama Jatim. Kusnadi pun menyampaikan terimakasih kepada seluruh atlit yang sudah memberikan kontribusi dan mengharumkan nama kontingen Jawa Timur. 

"Saya bangga dengan apa yang telah diraih oleh para atlit kontingen Jatim. Posisi runner up bukan juara umum sudah merupakan hasil terbaik," jelas Kusnadi, usai mengalungkan  medali kepada peraih emas lomba karya tulis atas nama Zaenal Ibad yang notabene atlit dari Jatim, di Sekertariat PB Porwanas gedung BPSDM Jatim Jl Kawi no 41 kota Malang, Jumat (25/11/22).

Hasil Porwarnas XIII ini, kata Kusnadi  menunjukan peningkatan posisi bila dibandingkan Porwanas sebelumnya. "Posisi Runner up yang hanya terpaut 2 emas dengan Jabar menunjukkan peningkatan prestasi yang luar biasa," lanjutnya.

Kusnadi mengatakan dengan hasil seperti ini dirinya yakin di Porwanas mendatang kontingen Jatim akan bisa mewujudkan juara umum.

"Insyaallah di Porwanas berikutnya meski tidak di Jatim tim kita nanti saya yakin akan lebih berbicara banyak dan akan mewujudkan impian juara umum meski tidak di Jatim.  Terimakasih PWI Jatim. Yakinlah Jatim Jaya luar biasa," tegas pria yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Jatim ini.

Dalam event Porwanas ke XIII ini kontingen Jabar kembali berhasil merebut gelar juara umum. Jabar meraih 10 medali emas, 6 perak, dan 4 perunggu. Prestasi itupun mencatatkan hattrick bagi Jabar. Sebab, pada dua kali Porwanas sebelumnya, tim Jabar juga meraih juara umum. Yakni, pada 2013 di Kalimantan Selatan dan 2016 sebagai tuan rumah.

Adapun Jatim sebagai tuan rumah Porwanas 2022, harus puas di posisi kedua (runner-up). Kontingen Jatim berhasil mengumpulkan 7 medali emas, 3 perak, dan 4 perunggu. Namun, capaian ini naik dibandingkan Porwanas 2016. Saat itu, Jatim berada di posisi keempat. Di urutan ketiga, ditempati Kalteng dengan 3 medali emas, 2 perak, dan 3 perunggu.

Sementara itu dalam pidato penutupan Porwanas ke-XIII 2022 di Malang Raya Ketua PWI Pusat Atal S. Depari mengapresiasi event Porwanas XIII 2022 yang telah sukses berkat kolaborasi sejumlah pihak. Baik PWI Jawa Timur, Pemerintah Propinsi Jatim dan tiga kepala daerah di Malang Raya (Kabupaten/Kota Malang dan Batu), yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Terima kasih banyak juga kepada Gubernur Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa atas dukungannya yang luar biasa. Saya bangga sekali dan salut dengan Ibu Gubernur,’’ ujarnya.

Dia berharap, Porwanas berikutnya lebih baik dan terus menjadi forum silaturahmi sesama wartawan di Indonesia.

“Jawa Timur luar biasa dan sukses menjadi tuan rumah. Saya berharap, Porwanas berikutnya lebih meriah dan menjadi wadah kerukunan wartawan seluruh Indonesia. Tentu juga ada evaluasi-evaluasi agar ke depan lebih baik,’’ ujar Atal.

Pernyataan senada juga disampaikan Ketua PWI Provinsi Jatim Lutfil Hakim. Dirinya menyampaikan terima kasih banyak atas antusiasme peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

‘’Kesuksesan event ini berkat dukungan kita semua. Terima kasih untuk semuanya. Kami mohon maaf bilamana ada kekhilafan dan kekurangan,’’ pungkas Cak Item, panggilan akrabnya.

Sementara itu dalam penutupan pelaksanaan Porwanas ke- XIII yang juga menghadirkan penyanyi Virza, PWI pusat belum menentuka siapa yang akan menjadi tuan rumah Porwanas ke XIV. Dari informasi yang ada banyak PWI Propinsi yang mengajukan diri. Diantaranya Aceh, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Pada gelaran Porwanas ke-XIII 2022 diikuti 1.300 atlet didampingi 900 official dari 34 Provinsi se-Indonesia. Pesta olahraga tersebut juga melibatkan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang berjumlah kurang lebih 3.000 orang. Ajang inipun turut mengungkit potensi pariwisata dan ekonomi di Jatim. Terutama di Malang Raya.  rko