Ketua DPW PKS Rajin Beri Semangat Relawan di Posko Pengungsi Semeru

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan memberikan semangat kepada anak-anak korban erupsi Semeru di lokasi pengungsian. SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Dampak bencana Erupsi Gunung Semeru masih terasa. Di sana-sini, warga terdampak masih membutuhkan dukungan dan bantuan. 

Hal ini membuat Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan selama dua hari, Sabtu- Ahad (18-19 Desember) kembali mengunjungi Posko Bencana di Lumajang untuk melakukan berbagai kegiatan dalam rangka untuk terus mensupport warga terdampak agar tetap bersemangat.  

Irwan memulai kegiatan dari Posko Induk Bencana yang ada di kantor DPD PKS Lumajang. Di tempat ini, Irwan melakukan koordinasi dan evaluasi berbagai aktivitas relawan dalam melayani warga terdampak. 

Dalam kegiatan ini, pria 45 tahun ini berpesan kepada pengurus DPD Lumajang dan para relawan untuk terus menjaga kesehatan agar terus bisa membantu masyarakat korban erupsi Gunung Semeru sampai akhir. 

Menurutnya, masyarakat masih terus perlu dukungan dan bantuan. “Karenanya mengatur ritme diperlukan agar nafas bisa jauh lebih panjang, agar layanan PKS pada masyarakat tuntas,” kata Irwan. 

Irwan juga mengapresiasi gerak cepat relawan PKS yang dengan sigap membantu korban bencana.  SOP Relawan PKS, ia melanjutkan, sebenarnya harus hadir paling lambat 1x24 jam dari terjadinya bencana. 

“Dalam bencana erupsi Gunung Semeru ini, hanya satu jam dari bencana, relawan PKS sudah sangat sibuk mengangkut warga untuk dibawa ke tempat yang lebih aman,” katanya lega. 

Dalam aktivitas kunjungannya, Irwan juga menerima titipan bantuan sebesar Rp 100 juta dan beberapa bantuan berupa barang yang dibutuhkan warga terdampak dari DPW PKS Jawa Tengah yang diserahkan langsung oleh Ketua DPW PKS Jateng Muhammad Haris. 

Di hadapan Haris, pria yang juga menjadi Wakil Walikota Salatiga itu, Irwan menyampaikan apresiasinya kepada pengurus, anggota dan simpatisan PKS di Jawa Tengah yang turut peduli dengan kejadian di Jawa Timur. 

“Matur nuwun sanget Pak Ketua, dukungan pengurus, anggota dan simpatisan dari luar Jawa Timur sungguh menambah semangat para relawan PKS di Jatim untuk terus membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, titipan ini kami terima dan segera kami salurkan,” kata Irwan kepada Haris. 

Irwan mengakui, titipan bantuan juga datang dari DPW-DPW PKS dari berbagai provinsi lain di seluruh Indonesia. 

“Terharu saya, bahkan beberapa provinsi di luar Jawa juga mengirimkan relawan terbaiknya untuk membantu kami di sini,” kata Irwan. 

Hari Ahad, 19 Desember 2021, Irwan melanjutkan aktivitasnya dengan mengunjungi Posko Bencana PKS yang ada di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang. 

Di tempat itu, Irwan memulai aktivitas dengan memimpin Apel Kesiapsiagaan Para Relawan PKS. Dalam sambutannya, Irwan menyampaikan agar relawan PKS terus menjaga konsistensinya membantu masyarakat. 

“Bukan hanya giat di awal, terus redup. Namun harus terus menerus ada dan terus berbuat baik kepada masyarakat yang butuh dukungan kita,” ujar Irwan di hadapan belasan relawan yang hadir dalam apel. 

Ia kemudian meyakinkan kepada para relawan PKS, bahwa berbagai kebaikan yang saat ini dilakukan untuk masyarakat sekitar Gunung Semeru akan berbalas kebaikan lain dari Allah subhanahu wa ta’ala. 

Setelah memimpin apel pagi, pria yang pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Jatim selama 2 periode itu kemudian melanjutkan aktivitasnya untuk membuka kegiatan PKS muda. 

Kegiatan yang mengundang puluhan pemuda-pemudi yang juga terdampak bencana dalam workshop robotik, membuat berbagai alat elektronik yang bisa membantu aktivitas keseharian. Seperti membuat charger hp dari tenaga air, atau matahari.

“Alhamdulillah para remaja yang tertarik banyak, sekitar 50 an yang hadir. Kedatangan mas-mas dan mbak-mbak di sini menunjukkan bahwa para pemuda punya empati terhadap masyarakat yang terdampak erupsi gunung semeru dan  tidak anti politik. Mereka-mereka inilah yang akan jadi aktor yang turut memperbaiki bangsa ini kedepannya,” katanya. 

Kunjungan Irwan ke Posko PKS di Sumberwuluh diakhiri dengan kegiatan silaturahmi ke Bunadi dan Matrawi, keduanya tokoh masyarakat Desa Sumberwuluh. 

Bunadi menyampaikan terima kasihnya kepada para relawan yang membantu menolong warga dengan berbagai aktivitasnya. 

“Saya ini tenang kalo ada relawan di sini. Semoga saja tidak segera pulang.” kata pria yang merelakan rumahnya dijadikan posko kepada PKS Jatim. rko