Ketua Gerindra Jatim Napak Tilas Bekas Penjara KH Hasyim Asy'ari dan Kantor PBNU Pertama

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 23 Okt 2022 10:18 WIB

Ketua Gerindra Jatim Napak Tilas Bekas Penjara KH Hasyim Asy'ari dan Kantor PBNU Pertama

i

Rombongan Partai Gerindra Jatim saat napak tilas perjuangan KH Hasyim Asy'ary di Hoofdbestuur Nahdlatul Ulama (HBNU) Jl Bubutan Surabaya, Sabtu 23/10/2022.

SURABAYA - Partai Gerindra punya cara tersendiri dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022 yaitu dengan kegiatan napak tilas jejak sejarah perjuangan Hadratus Syeikh KH M Hasyim Asy'ari yang ada di Kota Surabaya.

Ketua DPD Partai Gerindra Jatim H Anwar Sadad MAg memimpin langsung napak tilas sejarah tersebut didampingi jajaran pengurus DPD Partai Gerindra Jatim, pengurus DPC Partai Gerindra Surabaya dan sejumlah anggota DPRD Jatim maupun anggota DPRD Kota Surabaya asal Partai Gerindra pada Sabtu (22/10/2022) siang.

Lokasi pertama yang didatangi rombongan kader partai besutan Prabowo Subianto adalah bekas Penjara Koblen Surabaya. Pasalnya, rais akbar PBNU Hadratus Syeikh KH M Hasyim Asy'ari pernah dipenjara oleh tentara Jepang di penjara khusus tahanan politik selama 3 bulan. "Dan menurut sejarah di penjara ini,  Hadratussyaikh Hasyim Asy'ary dibebaskan oleh Bung Tomo dan arek-arek Surabaya," jelas Anwar Sadad, Sabtu 22/10/2022.

Wakil ketua DPRD Jatim ini berharap dengan adanya napak tilas ini, generasi penerus bangsa utama bagi para pemimpin masyarakat bisa merasakan spirit perjuangan KH M Hasyim Asy'ari dalam mempertahankan kemerdekaan bahkan dihukumi fardhu ain hingga beliau ditangkap menjadi tahanan politik era pendudukan Jepang. Sehingga tempat-tempat bersejarah itu harus dirawat untuk dikenang oleh generasi muda. "Merawat situs cagar budaya ini harus disesuaikan dengan konteks kekinian sehingga generasi muda bisa tertarik dan tidak melupakan faktor ekonomis bagi pengelolanya," jelas Gus Sadad sapaan akrabnya.

Lokasi selanjutnya yang didatangi rombongan Partai Gerindra Jatim adalah Hoofdbestuur Nahdlatul Ulama (HBNU) atau kantor PBNU pertama yang sekarang menjadi kantor PCNU Kota Surabaya di Jalan Bubutan VI No.2 Surabaya.

Di lokasi kedua ini, rombongan kader Partai Gerindra ditemui langsung Ketua PCNU Surabaya Dr H Muhibbin Zuhri di dampingi wakil ketua PCNU Surabaya Gus Sholahudin Azmi dan jajaran pengurus PCNU lainnya.  "Spirit Fatwa Jihad Hadratussyaikh dan Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama di era kini harus direaktualisasi dalam bentuk jihad melawan kebodohan, kemiskinan, kelaparan, dan sebagainya," sebutnya.

Anwar Sadad  menegaskan bahwa tujuan napak tilas ke HBU ini adalah untuk memberikan edukasi kepada kader partai gerindra dan masyarakat utamanya generasi muda bahwa perjalanan sejarah bangsa tercinta ini mulau zaman penjajahan, merebut dan mempertahankan kemerdekaan hingga sekarang ada referensi yang masih terjaga dengan baik.

"Kebetulan kami memiliki garis geneologi untuk mewarisi ajaran-ajaran yang telah diajarkan oleh pendahulu utamanya dari kalangan ulama dan kiai pondok pesantren. Nilai-nilai kejuangan itulah yang ingin kami internalisasikan kepada kader partai gerindra," katanya.

Sementara itu,  Dr Muhibbin Zuhri mengatakan, kantor PCNU Surabaya ini merupakan bukti sejarah bahwa kiai se Jawa dan Madura pernah berkumpul dan bermusyawarah disini untuk menyikapi fatwa jihad yang dikeluarkan hadratus syeikh KH M Hasyim Asy'ari di Tebuireng Jombang pada 11 September 1945.

Dr Muhibbin Zuhri juga mengapresiasi partai gerindra yang sangat peduli dengan spirit resolusi jihad NU. Sebab perjuangan sekarang bukan lagi mengangkat senjata melainkan bagaimana mengisi kemerdekaan dan memerangi kemiskinan, kebodohan dan ketidakadilan yang masih dirasakan masyarakat.

"Sebagai warga negara yang baik, kita bisa berjuang mengisi kemerdekaan ini dari manampun termasuk melalui jalur partai politik. Spirit perjuangan dari tokoh--tokoh pendiri bangsa seperti KH M Hasyim Asy'ari haruslah diwarisi dan diteladani untuk ditularkan kepada generasi penerus bangsa," pinta ketua PCNU Surabaya ini. rko

 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU