Ketua PDI-P Kusnadi Terjun ke 5 Titik Daerah Terdampak Semeru

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Des 2021 18:27 WIB

Ketua PDI-P Kusnadi Terjun ke 5 Titik Daerah Terdampak Semeru

i

Ketua DPD PDI-P Jatim di lokasi bencana Erupsi Semeru, Minggu 5/12/2021. SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Ketua DPD PDI Perjuangan  Jawa Timur (Jatim), Kusnadi bersama Baguna bergerak cepat mendatangi warga yang mengungsi pasca letusan Gunung Semeru, Sabtu sore (4/12/2021). 

Kusnadi yang juga Ketua DPRD Jatim ini membantu evakuasi warga di titik pengungsian sementara. Selain berbaur menyapa masyarakat yang ada di pengungsian, Kusnadi juga memberikan bantuan yang diperlukan mereka di pengungsian.

Baca Juga: Simpang Siurnya Pernyataan Gibran dan Hasto

“Mulai dini hari sampai pagi ini, saya mengunjungi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru yang saat ini mereka sudah mengungsi di titik yang dikatakan sudah aman. Bersama Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), kita membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan kami,” ujarnya di sela-sela mendatangi tempat pengungsian, Minggu (05/12/21) dini hari.

Di Lumajang, Kusnadi menyambangi warga di lima titik pengungsian. Antara lain di Posko Balai Desa Penanggal, Dusun Kamarkajang, Balai Desa Sumberwuluh, Balai Desa Pasirian, Balai Dusun Gentengan Desa Condro.

"Kita (Baguna, red) sesuai dengan fungsinya membantu masyarakat. Apa saja yang diperlukan, seperti selimut, makanan, masker dan lain sebagainya dalam kondisi darurat untuk membantu warga yang mengungsi," kata Kusnadi.

Kusnadi menegaskan pihaknya akan terus berkeliling di lokasi-lokasi pengungsian warga dan melakukan pendataan secara berkala pasca erupsi Semeru. 

Baca Juga: Megawati Tulis Surat ke MK: Habis Gelap Terbitlah Terang

"Setelah kondisi Gunung Semeru ini tenang, kita akan data mana saja warga yang betul-betul membutuhkan bantuan," terangnya. 

"Banyaknya bangunan rumah warga yang rusak bahkan parah ini nantinya, saya akan ajak seluruh stakeholder bergotong royong bersama  untuk mendirikan tempat tinggalnya yang termakan lahar Semeru," lanjutnya.

Disampaikan Kusnadi, kondisi erupsi Gunung Semeru kali ini lebih besar dibanding tahun 2020 lalu pada bulan yang sama. Erupsi yang terjadi sore hari itu menyebabkan warga merasakan hujan kerikil dan lumpur.

Baca Juga: Menantu Jokowi, Nambeng Daftar ke PDIP

Sementara itu Kepala Baguna Jawa Timur Agus Wicaksono, yang juga di dampingi Ketua DPC PDI Perjuangan Lumajang Solikin mengatakan, Baguna memberikan bantuan berupa makanan siap saji, selimut, masker, popok bayi, dan keperluan lainnya.

"Bahkan kita juga berencana akan membuat dapur umum untuk membantu keperluan makan mereka selama di pengungsian," ujarnya. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU