Ketua PPP Yakin Machfud-Mujiaman Bisa Jaring Swing Voters

Ketua DPC PPP Kota Surabaya Buchori Imron yakin Machfud Arifin-Mujiaman mampu menjaring suara dari swing voters .SP/Alqomaruddin.

 SURABAYAPAGI, Surabaya - Ketua DPC PPP Kota Surabaya Buchori Imron yakin betul pasangan nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman (Maju) akan mampu menjaring suara dari swing voters dan pemilih yang belum menentukan pilihan. Karena Maju memiliki potensi untuk meraih suara dari swing voters.

"Pak Machfud-Mujiaman saya rasa sangat mampu menjaring suara dari swing voters," ujarnya, Jumat (6/11).

Anggota Komisi C DPRD Surabaya ini menyampaikan banyak pertimbangan Maju bisa meraih suara dari swing voters. Diantaranya jumlah partai pendukung yang ada delapan, wakil rakyat di dewan Surabaya yang jumlahnya melebihi separuh anggota dewan, relawan, tokoh masyarakat, dan pondok pesantren.

"Coba dilihat tingkat penerimaan masyarakat terhadap pak Machfud-Mujiaman. Saya saja mau ngadakan acara harus nunggu waktu, karena jadwalnya sangat padat, padahal yang minta itu para tokoh," ucapnya.

Karenanya, tokoh berdarah Madura ini meyakini hasil survei Poltracking Indonesia sesuai dengan fakta di lapangan. Sebab, tingkat penerimaan dan antusiasme masyarakat terhadap paslon Maju sangat tinggi.

"Jadi dengan sisa kampanye yang kurang lebih satu bulan ini, saya yakin suara Maju semakin bertambah," tegasnya. 

Sebelumnya, pasangan calon nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman dengan selisih signifikan atas paslon Eri Cahyadi-Armuji dalam keterpilihan atau Elektabilitas Pilwali 2020. Hal itu terlihat dalam hasil survei Poltracking Indonesia.

Machfud-Mujiaman unggul sebanyak 17,6 persen atas lawannya dalam Pilwali Surabaya.  Hasil survei yang diambil 19 Oktober hingga 23 Oktober 2020 menunjukkan Elektabilitas Paslon nomor urut 1 Eri-Armuji sebanyak 34,1 persen. Sementara, Paslon nomor urut 2 Machfud-Mujiaman tingkat elektabilitasnya 51,7 persen.

“Kalau dilihat dari trennya yang terjadi, MA berpeluang besar memenangkan Pilkada nanti. Tapi siapa nanti yang bisa memanfaatkan suara dari swing voter dan pemilih suara yang belum menentukan pilihan, itu nanti yang akan memenangkan Pilkada surabaya,” ujar Manajer Riset Poltracking Indonesia Masduri. Alq