Khasiat Jeruk Purut Bantu Atasi Keracunan Makanan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 05 Apr 2021 11:03 WIB

Khasiat Jeruk Purut Bantu Atasi Keracunan Makanan

i

Jeruk Perut yang kaya akan vitamin C. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Jeruk purut merupakan salah satu jenis buah yang memiliki cita rasa segar dan asam pada makanan. Selain sebagai penyedap masakan, jeruk purut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jeruk ini juga dikenal sebagai jeruk limau atau kaffir lime bagi kebanyakan orang yang mengkonsinya.

Diantara manfaat jeruk purut yang mungkin belum diketahui oleh orang banyak adalah membantu tubuh untuk melawan bakteri penyebab penyakit. Jeruk purut terutama dinilai efektif untuk melawan bakteri E. coli, bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

Sifat antibakteri yang ada pada jeruk purut juga baik untuk kulit. Sebab, minyak atsiri atau essential oils dari jeruk purut juga dinilai cukup efektif untuk menghentikan perkembangan bakteri penyebab jerawat. Minyak jerut purut juga dipercaya dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan meredakan jerawat yang meradang.

Selain itu, kemampuan jeruk purut dalam membasmi bakteri juga berdampak pada manfaatnya untuk rongga mulut. Buah ini dinilai efektif untuk mengusir bakteri berbahaya yang bersarang di gigi maupun gusi. Tidak heran, saat ini sudah ada pasta gigi dan obat kumur yang menggunakan jeruk purut sebagai bahan utamanya.

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam jeruk purut, membuatnya dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga dapat memicu produksi kolagen yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Vitamin C merupakan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat paparan berlebih dari radikal bebas.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Jeruk purut juga diyakini dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga, jika sedang mengalami konstipasi, sehingga dapat mengonsumsi jeruk purut, sebagai terapi untuk mendampingi pengobatan.

Penyakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti rematik, asam urat, dan radang sendi, dipercaya dapat reda setelah pengolesan ekstrak jeruk purut maupun minyak yang didapatkan dari daunnya. Mengonsumsi sari jeruk purut juga disebut dapat memberikan efek serupa.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

Manfaat jeruk purut yang terakhir adalah sebagai pengusir serangga. Manfaat ini, didapatkan dari kandungan citronellol dan limonene di dalam jeruk purut, yang sangat tidak disukai oleh serangga. Tidak heran, banyak losion atau semprotan pengusir serangga mengandung kedua bahan tersebut.

Secara umum, jeruk purut aman untuk dikonsumsi. Namun, jika memiliki riwayat alergi terhadap buah-buah sitrus lainnya seperti jeruk nipis, sebaiknya hindari buah ini. Beberapa orang juga dapat mengalami refluks atau asam lambung yang naik ke kerongkongan karena jeruk purut bersifat asam. Apabila memiliki gangguan asam lambung, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi jeruk purut. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU