Khofifah ajak Forkopimda se Jatim Antisipasi Kenaikan Kriminalitas Jelang Lebaran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 13 Apr 2023 14:39 WIB

Khofifah ajak Forkopimda se Jatim Antisipasi Kenaikan Kriminalitas Jelang Lebaran

i

Pertemuan jajaran Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Selasa (11/4/2023). Foto: SP/Timotius Devan.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan pertemuan dengan jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Jawa Timur serta Bupati / Walikota se Jatim di Gedung Negara Grahadi, Selasa (11/4/2023) sore.

Pertemuan tersebut dilakukan untuk menguatkan komitmen bersama Forkopimda dalam menjaga stabilitas keamanan di Jatim, khususnya pada masa rentan potensi kenaikan tingkat kriminalitas jelang Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Polda Jatim: Angka Laka Lantas Turun 43 Persen

Gubernur Khofifah mengatakan, potensi kriminalitas bermotif ekonomi cenderung meningkat jelang momentum Idul Fitri. Seperti judi dan pencurian motor (curanmor). Tak hanya itu, Khofifah juga mengajak jajaran Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/ Kota untuk meningkatkan perhatiannya terhadap potensi paparan paham ekstremisme, radikalisme, dan intoleransi di masyarakat.

"Silaturahmi ini adalah momen bagi kita untuk memahami kondisi riil di lapangan. Saya rasa ini akan menjadi bagian penting supaya masing-masing dari kita menyiapkan detailed plan dan action plan yang terukur supaya Jatim tetap ayem tentrem guyub rukun," ungkapnya.

Baca Juga: Gus Muhdlor Gelar Open House untuk Masyarakat, 15.000 Porsi Makanan Disiapkan

Dalam forum tersebut, Gubernur Khofifah bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, MA, Kapolda Jatim Irjen Pol. Dr. Drs. Toni Harmanto, M.H. dan beberapa tokoh lain menyoroti potensi yang mungkin mengganggu ketertiban masyarakat . Mulai dari paham-paham ekstrem hingga bentuk kriminalitas sekecil apa pun. 

"Di sini kita membahas hal-hal yang bisa kita mitigasi dan waspadai bersama dengan antisipasi di masing-masing daerah. Semoga Allah memberikan suasana aman  dan keselamatan bagi kita bersama, bagi Indonesia, dan bagi Jawa Timur khususnya," sebut Khofifah.

Baca Juga: Terbuka Untuk Umum, Open House Pj Wali Kota Ali Kuncoro Diserbu Warga

Tak hanya itu, dalam forum yang dilakukan sebelum waktu berbuka puasa itu juga dilakukan  penandatanganan MOU antara Dirintelkam Polda Jatim dengan para pengurus Perguruan Silat di Jatim yang disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim dan Pangko Armada 2 serta IPSI Jatim.  Harapannya, Perguruan Silat di Jawa Timur akan membangun persaudaraan sejati antar perguruan.

"Saya dan bapak Kapolda siap mengawal pengamanan. Semoga keamanan ini bisa menjaga Jatim yang sejahtera, Semoga silaturahmi ini menjadi penunjang yang baik untuk kesepakatan bersama atas keamanan Jawa Timur dan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang baik. Kewaspadaan terhadap kelompok teror yang masih menyebarkan keresahan di Jatim harus dibangun. Moderasi memperbaiki sikap dan pandangan politik," tegasnya. dev

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU