Daftar Haji Sejak Tahun 2013

Khofifah Berangkat Haji, Emil jadi Plt Gubernur

Gubernur Khofifah bersama Wakil Gubernur Emil Dardak sebelum berangkat haji.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur ditemani putri pertamanya, Fatimah Sang Mannagali Parawansa, berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Khofifah sendiri berangkat haji setelah sejak tahun 2013 mendaftar ibadah haji di sebuah travel. Baru tahun 2022, Khofifah berangkat haji.

 

“Sesuai jadwal, hari ini berangkat ke Tanah Suci melalui Jakarta bersama putri pertama saya,” katanya seperti di unggah Instagram @khofifah.ip, Minggu (3/7/2022) pagi.

 

Khofifah mengungkapkan bahwa perasaannya campur aduk menjelang keberangkatan ke Tanah Suci. Ada kesedihan yang dirasa ketika dia mengenang masa sang suami melakukan pendaftaran haji untuk keluarga tahun 2013.

 

“Suami saya daftar haji sekeluarga tahun 2013, tapi 2014 beliau dipanggil Allah SWT. Kemudian, tahun ini baru bisa berangkat, itu pun hanya dengan anak perempuan saya. Anak-anak yang lain belum masuk dalam kuota,” kata Khofifah.

 

Pada Sabtu pagi kemarin, Khofifah menyempatkan berziarah ke makam suaminya di Tempat Pemakaman Islam Wonocolo Surabaya sebelum melakukan perjalanan ke Jakarta.

 

Dia meminta doa restu dari masyarakat, khususnya warga Jawa Timur, agar diberi kesehatan dan kelancaran selama melaksanakan ibadah haji serta menjadi haji mabrur.

 

Mantan Menteri Sosial itu juga mendoakan jamaah Indonesia yang akan menunaikan ibadah haji. “Selamat menjalankan ibadah haji bagi yang menjalankan, semoga selalu sehat dan semoga menjadi haji yang mabrur,” katanya.

 

“Mohon selain berdoa untuk pribadi dan keluarga, juga doa untuk masyarakat Jawa Timur serta masyarakat Indonesia,” ia menambahkan.

 

Dia mengingatkan jamaah haji untuk mempersiapkan kondisi fisik agar bisa menunaikan ibadah haji dengan baik karena cuaca Tanah Suci sedang panas. Gubernur Jawa Timur dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 20 Juli 2022.

 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan pesan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk tetap memaksimalkan seluruh kinerjanya.

 

Pasalnya, Khofifah izin untuk menjalankan ibadah haji mulai tanggal 3 hingga 23 Juli 2022. Sesuai izin dari Kemendagri yang terbit pada tanggal 21 Juni bahwa selama menjalankan ibadah haji, maka ditunjuk Wakil Gubernur untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan dengan tetap berkordinasi dan bertanggung jawab kepada Gubernur Jawa Timur.

 

“Saya mohon semua tetap memaksimalkan pelaksanaan tugas-tugas utama yang harus dilaksanakan,” kata Gubernur Khofifah dalam sambutannya pada Walimatus Safar yang dilaksanakan jelang keberangkatannya menjalankan ibadah haji di Rumah Dinas Gubernur Jatim.

 

Kepada para kepala OPD, Gubernur Khofifah menegaskan bahwa selama ia menjalankan ibadah haji maka roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat harus tetap berjalan baik. Ia menekankan bahwa tidak ada yang sifatnya menjadi lebih longgar selama ia menjalankan ibadah haji. Semua harus berjalan prima.

 

“Tidak ada sesuatu yang kemudian menjadi longgar selama saya izin menjalankan ibadah haji. Ini karena pada dasarnya roda pemerintahan ini menjadi bagian dari tugas kita untuk menjaga dan mengawalnya,” tegasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Khofifah juga menyampaikan, bahwa selama ia menjalankan ibadah haji, penyelenggaraan pemerintahan Jawa Timur dipimpin oleh Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak sebagai Plt Gubernur Jatim dengan tetap berkordinasi dan bertanggung jawab kepada Gubernur Jawa Timur. (kom/rk)