Khofifah Dipastikan Dukung Prabowo-Gibran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 04 Des 2023 20:54 WIB

Khofifah Dipastikan Dukung Prabowo-Gibran

i

Khofifah Indar Parawansa resmi diusung PAN untuk maju kembali ke Pilgub 2024 mendatang. Dukungan ini diberikan langsung oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Senin (4/12/2023).

Usai PAN Beri Rekom Khofifah Maju Pilgub Jatim 2024

 

Baca Juga: Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jatim Dukung Khofifah di Pilgub 2024

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Meski Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim belum secara gamblang, menyatakan dukungan pada pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Namun di setiap kesempatan, Khofifah selalu hadir dalam kegiatan partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Terbaru, Khofifah yang berniat maju pada Pilgub Jatim 2024 mendatang, Senin (4/12/2023) kemarin, secara resmi didukung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Apalagi Khofifah hadir ditemani Emil Dardak, baik sebagai Wagub Jatim dan juga sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim.

Sebelumnya, Khofifah juga hadir dalam rapat internal KIM saat menentukan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur. Saat itu, Khofifah didampingi Emil Dardak, dan beberapa ketua partai koalisi KIM. Dalam rapat internal itu, dipilihlah Mantan Kepala Bappenda Jatim Boedi Prijo Soeprajitno.

"Saya minta Ibu Khofifah maju ke depan, karena saya ingin mengumumkan Gubernur (2024 mendatang) dari PAN. Ini saya sudah bawa rekomendasinya," kata Zulkifli Hasan, disela-sela acara rapat konsolidasi caleg PAN se-Jatim di Hotel Sheraton, Senin (4/12/2023).

Didepan ratusan kader PAN, Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan, mengaku kalau kehadirannya di Jawa Timur membawa pesan khusus yakni, mengusung Khofifah untuk maju kembali pada pilkada 2024 mendatang.

 

Khofifah Mengaku Surprise

Pada kesempatan yang sama, Khofifah mengaku merasa terkejut atas pengajuan PAN tersebut. "Ini surprise karena tidak ada informasi sebelumnya bahwa saya akan direkomendasikan untuk gubernur yang akan datang," jelas Khofifah.

Perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial itu menjelaskan kalau kehadirannya itu atas undangan PAN untuk menghadiri rapat konsolidasi calon legislatif nasional yang diadakan di Surabaya. Ia juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan kepercayaan yang diberikan PAN terhadap dirinya.

"Saya menyampaikan terima kasih, apresiasi kepada PAN, mengawali dari pemprov, kemudian dukungan untuk insyaAllah saya maju kembali pada periode 2024. Mohon doa semuanya," ucapnya.

 

Rebut Suara di Jatim

Baca Juga: Viral Poster Menteri ‘Kabinet Indonesia Emas’ Beredar di Medsos, TKN Prabowo: Sumber Tidak Jelas

Sementara, Ketua DPW PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig menyatakan bahwa Jawa Timur adalah battleground alias area rebut bagi capres dan cawapres di Pemilu 2024.

Maka dari itu menurutnya, kehadiran Gubernur Khofifah dan Wagub Emil menjadi penguat keyakinan bagi para kader PAN di Jawa Timur untuk memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran. “Kalau gubernur dan wakil gubernur sudah datang, apalagi yang diragukan? Ayo apa lagi yang kita nantikan untuk kemenangan Prabowo-Gibran,” ujar Rizki Sadig disambut tepuk tangan meriah ribuan kader PAN Jatim.

Rizki Sadig meminta supaya para caleg PAN Jatim tidak hanya bertarung untuk memenangkan kursi di legislatif saja. Tapi, juga harus memenangkan Prabowo-Gibran. “Ini kepentingan yang sudah diyakini Ketua Umum PAN maka kita harus memenangkan Prabowo-Gibran,” imbuhnya.

 

Khofifah Belum Terbuka

Seusai diusung PAN untuk maju dalam Pilgub Jatim 2024 mendatang, Khofifah sempat diminta statement beberapa wartawan termasuk wartawan Surabaya Pagi, terkait sikap dukungannya kepada paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran.

Khofifah lagi-lagi secara terbuka, belum menyatakan secara resmi mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Usai Ketemu Surya Paloh, Jokowi Klaim Hanya Ingin Jembatani

"Saya ini hanya diundang untuk konsolidasi caleg PAN, jadi saya pada posisi undangan PAN yang sedang melakukan konsolidasi calegnya," jawab singkat Khofifah, sembari tersenyum.

Sementara itu, hadir pada acara yang sama, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak mengaku turut bahagia atas Khofifah yang rekomendasikan PAN maju jadi Gubernur kembali. "Yang jelas saya bahagia ibu gubernur maju kembali menjadi Gubernur, tinggal demokrat saja," pungkas Emil.

 

Diamini Golkar Jatim

Sikap Khofifah mengarah dukungan ke Prabowo diamini anggota DPRD Jatim dari Fraksi Golkar, Adam Rusydi. Menurut Adam, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang menyebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah pasti bergabung ikut menjadi tim pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di daerah Jawa Timur.

"Pak Ketua Umum, Airlangga Hartarto dan Ketua DPD Golkar Jatim, Pak Sarmuji menegaskan Bu Khofifah Indar Parawansah sudah pasti ikut pemenangan di Jawa Timur," kata Adam.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah yang notabene adalah Ketua Muslimat salah satu Badan Otonom (Banom) Perempuan Nahdlatul Ulama (NU) yang memiliki keanggotaan yang mengakar di seluruh Indonesia tentu akan mempermudah dalam memenangkan Capres dan Cawapres, Prabowo-Gibran. rko/ain/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU