Khofifah Izinkan Bukber dengan Prokes Ketat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 09 Apr 2021 19:48 WIB

Khofifah Izinkan Bukber dengan Prokes Ketat

i

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa. SP/Dokumen SP

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Masyarakat Indonesia bisa dipastikan akan melewati Ramadhan tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, masih dalam masa pandemi covid-19. sejumlah aturan pun dikeluarkan pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19, salah satunya larangan mudik.

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Di bulan ramadhan, buka bersama (Bukber) menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Namun, karena pandemi, acara bukber yang berpotensi menyebabkan kerumunan dilarang dilakukan pada Ramadhan tahun lalu.

Mengingat pandemi yang mulai agak melandai, ditambah vaksinasi yang telah berjalan beberapa waktu lalu, Gubernur Khofifah mengizinkan masyarakat menggelar buka bersama namun dengan catatan protokol kesehatan tetap dijalankan.

"Lo bukber ya boleh, tetapi semua tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, usai acara Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-75 PWI, Jumat (9/4/2021).

Khofifah meminta, warga yang mengadakan bukber hanya mengundang kawan di lingkungan sekitar saja. Sama halnya seperti salat tarawih.

Baca Juga: Pj Bupati Sampang Bukber Wartawan, Ajak Kolaborasi Bangun Daerah

"Jangan ngundang orang jauh-jauh yang sampean undang. Kayak (Salat) tarawih boleh di lingkungan masing-masing. Tetapi tetap harus menggunakan protokol kesehatan yang ketat," tegasnya.

Mantan Mensos RI ini juga berpesan, warga yang mengadakan bukber harus mempertimbangkan tempat yang memadai, agar tidak terjadi kerumunan.

"Dulu kan kalau bukber ruame gitu, lah sekarang ya tetap terbatas. Lihat proporsionalitas tempat dan berapa banyak yang diundang," ungkapnya.

Baca Juga: Sebagai Bentuk Rasa Syukur, DPRD Kota Surabaya Gelar Bukber dan Beri Santunan Anak Yatim

Ketua Muslimat ini berharap masyarakat menahan diri terlebih dahulu untuk menunda mudik pada lebaran tahun 2021 ini.

"Saya minta semuanya menahan diri. Sabar sedikit lagi, untuk menunda mudik," pungkasnya. 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU