Khofifah: LKS Nasional Ajang Pencari Bibit Unggul Berkompeten

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 24 Okt 2023 18:47 WIB

Khofifah: LKS Nasional Ajang Pencari Bibit Unggul Berkompeten

Baca Juga: Prabowo Unggul di Perolehan Quick Count, Khofifah: Jawa Timur Lumbung Terbesar Suara Nasional

SURABAYAPAGI, Surabaya - Provinsi Jawa Timur menjadi tuan rumah atas penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke 31 tingkat Nasional tahun 2023.
 
Setelah absen selama tiga tahun, karena pandemi Covid-19, ajang bergengsi adu skill dan kompetensi yang digelar oleh Kemdikbudristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Airlangga Convention Center (ACC), Surabaya, Selasa (24/10/2023).
 
Khofifah mengatakan pada LKS Nasional 31 yang diadakan secara bertatap muka atau luring di Jatim ini, menjadi momen referensi bersama bahwa SMK mempunyai skill dan pontesi yang mumpuni untuk mampu bersaing secara global di dunia industri serta industri.
 
"Kita bisa lihat makanan anak-anak SMK jurusan tata boga ini tidak kaleng-kaleng, bahkan rasanya pun setara hotel bintang 5," kata Khofifah, kepada rekan-rekan media, termasuk Surabaya Pagi, Selasa, (24/10/2023).
 
"Karena memang mereka orientasi skillnya benar-benar dipersiapkan untuk memenuhi kualifikasi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)," sambungnya. 
 
Selain itu, Khofifah juga menyebutkan bahwa para siswa SMK bukan disiapkan menjadi karyawan. Tetapi disiapkan menjadi juragan. 
 
"Para siswa SMK ini sebenarnya disiapkan bukan jadi karyawan tapi jadi juragan. Maka karakter yang dibentuk oleh sekolah adalah mental juragan," papar perempuan nomor satu di Jatim tersebut.
 
Adapun demikian, menurutnya LKS ini digelar untuk membangun kemandirian dan berkarya di tingkat SMK makin signifikan.
 
Serta kompetensi yang akan dilombakan kedepan dapat menjadi tolak ukur dan melihat kembali bahwa ada talenta dan prestasi luar biasa yang sudah dilahirkan siswa SMK.
 
"Mudah-mudahan pelaksanaan LKS ini sukses. Anak-anak bisa mencapai cita-cita. Dan mencapai karir yang prestisius," pungkasnya.
 
Pada acara tersebut, Khofifah juga mengajak para peserta dan undangan mengibarkan bendera merah putih bersama-sama, untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang. 
 
Sementara itu, turut memberikan sambutan secara daring saat acara pembukaan tersebut, Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makariem memaparkan bahwa melalui program ini sekolah didorong untuk menyiapkan kompetensi peserta didik yang relevansi dengan kebutuhan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri).  
 
"Upaya transformasi SMK diperkuat melalui BPTI dan Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional). Melalui pusat tersebut kami mengadakan berbagai perlombaan untuk siswa dan menghimpun talenta muda berprestasi untuk terus berkarya dan berkolaborasi," papar Nadiem.  
 
Tak hanya itu, Nadiem juga berpesan pada para peserta LKS untuk terus bersemangat dalam berkontribusi dalam ajang LKS Nasional tahun ini. Serta tetap junjung sportivitas. 
 
"Kalah menang itu biasa. Tapi selalu ingat bahwa adek-adek yang bertanding ini yang terbaik karena melalui berbagai seleksi dan mewakili daerahnya masing-masing," ungkap Nadiem.
 
"Ingat kontribusi adek-adek ini penting bagi sekolah dan daerah. Saya berharap adek-adek terus memantikkan semangat dalam berkarya," imbuhnya.
 
Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Aries Agung Paewai mengaku bahwa membutuhkan persiapan matang dalam pelaksanaan LKS ke 31 tahun ini. 
 
"Jatim dipercaya oleh pemerintah pusat untuk jadi tuan rumah. Peralihan daring ke luring ini tidak mudah. Yang mana kita harus menyiapkan perangkat lomba dengan mendatangkan alat-alat tersebut dari pinjam ke sekolah-sekolah di seluruh Jawa Timur," jelas Aries.
 
"Karena sebelumnya perangkat hanya dibebankan kepada sekolah-sekolah yang mewakili tapi sesuai standar," imbuh pria yang juga menjabat sebagai PJ Batu saat ini. 
 
Aries juga mengungkapan peralatan lomba sudah dipersiapkan dengan baik, dan ia berharap Jatim lancar dan sukses menjadi tuan rumah LKS kali ini.
 
"Alhamdulillah peralatan lomba sudah ready dan siap. Mudah-mudahan Jatim sukses menjadi tuan rumah LKS ke 31," terang Aries. 
 
Sebagai informasi, ada 998 siswa SMK dari 36 Provinsi di Indonesia akan bertanding di 37 bidang lomba keahlian selama beberapa hari yakni mulai 23 hingga 28 Oktober 2023. 
 
Terdapat dua lokasi perlombaan yakni, SMKN 5 dan SMKN 6 Surabaya. 
 
Diketahui, ada 30 bidang lomba  dikompetisikan dan 7 kategori lomba keahlian akan disiapkan dan dioerientasikan pada ajang World Skill.
 
Diantaranya Construction and Building Technology, Creative Arts and Fashion, Information and Communication Technology, Manufacturing and Engineering Technology, Social and Personal Services dan Transportation and Logistics. ain/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU