Home / Peristiwa : Dibuka Presiden Jokowi

Khofifah, Siapkan Selawat Asyghil di Seabad NU

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Feb 2023 20:21 WIB

Khofifah, Siapkan Selawat Asyghil di Seabad NU

i

Khofifah Indar Parawansa saat mengecek para tim muslimat NU, Ashari, dan Ansor, untuk persiapan pembukaan peringatan 1 Abad NU, yang akan digelar Selasa (7/2/2023).

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Presiden RI Joko Widodo rencananya akan melantunkan Selawat Asyghil. Jokowi dijadwalkan hadir dalam peringatan 1 Abad NU, 7 Februari mendatang. Alunan selawat Asyghil akan dilantunkan diiringi Jokowi dengan irigan Orkestra Adhie MS. Jokowi akan berselawat bersama seorang pemenang dari audisi vokalis yang telah digelar.

Resepsi 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada Selasa 7 Februari 2023 lusa. Terpilihnya Sidoarjo sebagai lokasi perhelatan lantaran daerah tersebut menjadi tempat para pendiri NU menempa diri memperdalam ilmu agama.

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

Juru Bicara Puncak Resepsi 1 Abad NU Rahmat Hidayat Pulungan mengungkapkan Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari dan Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan pernah mengenyam pendidikan di daerah yang memiliki nama asal Sidokare ini.

Karenanya, tutur Rahmat, peringatan 1 Abad NU digelar di Sidoarjo dalam rangka menjemput limpahan berkah yang ada padanya.

"Dengan penyelenggaraan di Sidoarjo, kita ingin meraup berkah dari para muassis (pendiri) NU dan guru-guru dari beliau-beliau semua," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (5/2/2023).

Makanya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Sabtu, meninjau venue resepsi 1 Abad NU di GOR Delta Sidoarjo. Ia mengingatkan soal Selawat Asyghil ke penampil paper mob di tribun.

Khofifah ingin memastikan seluruh persiapan puncak peringatan 1 Abad NU berjalan dengan lancar.

Di GOR Delta, Khofifah yang Ketua Umum PP Muslimat NU disambut anggota Muslimat NU, Ansor dan Ishari yang sedang berlatih koreo dengan kertas (paper mob) bertuliskan 1 Abad NU Digdaya. Koreo itu akan terbentang dari tribun sektor 1 hingga sektor 10.

 

Sajian Menarik

Khofifah menyapa mereka yang sedang berlatih. Ia berharap usaha dan kerja keras penampil akan menjadi sajian menarik di puncak peringatan 1 Abad NU.

Baca Juga: Kesimpulan Paslon 01 dan 03: Sumber Masalahnya, Gibran dan Cawe-cawenya Jokowi

"Semangat semua yang sedang berlatih. Insyaallah ini akan menjadi berkah untuk kita semua," kata Khofifah.

"Tentunya kita berharap bahwa pelaksanaan acara ini berjalan aman dan lancar. Jadi harapannya aman, lancar dan berkah," tuturnya

 

Ambil Berkah Sebanyaknya

Rahmat menyebut 1 Abad NU ini, yaitu mengambil berkah sebanyak-banyaknya.

"Kita tahu, Gus Yahya selalu menyampaikan dalam berbagai pidato sambutannya bahwa Resepsi Satu Abad NU ini harus diniatkan untuk mengambil berkah," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Dituding Lebihi Soeharto

Rahmat pun mengajak seluruh Nahdliyin untuk bersama-sama memperbaharui niat menghadiri Resepsi 1 Abad NU dalam rangka mengambil berkah.

"Ayo, kita hadiri 1 Abad NU ini dengan niat memperoleh berkah," ucapnya.

"Momentum yang mungkin cuma datang sekali seumur hidup ini harus kita manfaatkan dan maksimalkan sebaik-baiknya," lanjut Rahmat.

Ketua Pelaksana Resepsi 1 Abad NU H Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan saat ini persiapan acara sudah mencapai 80%. "Kita tinggal tunggu tanggal 7 (Februari 2023) saja," tandasnya.

Diketahui, Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan dan Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Siwalan Panji, Sidoarjo. Bahkan, Kiai Hasyim diangkat sebagai menantu oleh kiainya, yaitu KH Ya'qub. n arf/ma/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU