Kiat Tetap Hemat Meski Hobi Belanja Produk dan Makanan Secara Online

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Belakangan ini, memenuhi kebutuhan secara online menjadi aktivitas yang tidak asing lagi. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok, bahkan beberapa jasa atau produk yang sebelumnya tampak mustahil dijual secara online seperti makanan beku, tanaman hingga ikan hidup kini bisa didapatkan dengan mudah lewat marketplace. Tapi angan-angan untuk tetap hemat meski hobi belanja memang selalu erat dengan kebutuhan dunia digital.

Ada banyak kelebihan yang Anda peroleh ketika membeli barang secara online. Diantaranya yaitu bisa lebih praktis, lebih hemat karena ada banyak promo serta jangkauan yang luas sehingga siapapun bisa mendapatkan sebuah barang meskipun ia tinggal di lokasi pedesaan. Melihat berbagai kelebihan tersebut, Anda juga perlu waspada karena belanja online dapat menyebabkan terjadinya pemborosan. Nah, top up gopay via flip adalah salah satu cara berhemat yang bisa Anda lakukan.

Strategi Tetap Hemat Meski Hobi Belanja Online

Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat akan pembelian barang dengan sistem daring, juga menghadirkan banyak celah yang bisa dimanfaatkan. Hal ini ditandai dengan semakin beragamnya pilihan kebutuhan yang dijual di dunia maya sehingga dapat menjadi ajang pemborosan terutama jika seseorang memiliki self control yang lemah.

Bagi Anda yang memiliki hobi belanja online namun ingin tetap berhemat, berikut beberapa strategi yang dapat Anda lakukan.

  • Lakukan Pembukuan

Pembukuan menjadi hal sangat penting karena dapat digunakan sebagai sarana untuk melacak kemana saja larinya uang Anda. Analisa secara berkala ketika akan belanja supaya nantinya bisa menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

  • Pilah Antara Kebutuhan dan Keinginan

Tak kalah penting adalah memilah antara kebutuhan dengan keinginan. Salah satu trik sederhana yang dapat Anda lakukan adalah mencatat terlebih dahulu barang lifestyle yang Anda incar. Agar terhindar dari perilaku konsumtif, hindari untuk membeli saat itu juga sesuatu yang hanya  menarik minat Anda.

  • Manfaatkan Promo Marketplace

Kelebihan dari belanja online yang menjadi daya tarik utama banyak orang ialah gelaran diskon yang begitu melimpah, terutama di event-event tertentu. Membeli barang dengan harga diskon sebenarnya sangat menguntungkan, namun ketika Anda membelinya hanya dengan alasan sedang diskon tanpa melihat urgensi atau kegunaannya, hal ini bisa berujung  boros.

  • Hindari Menggunakan Pos Keuangan Lain

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Diskon yang melimpah bisa membuat keuangan Anda acak-acakan saat Anda tidak memiliki self control, sehingga Anda akan menggunakan pos keuangan lain untuk membeli barang hanya karena barang tersebut sedang diskon. Agar terhindar dari risiko tersebut, jangan pernah sekalipun Anda mencobanya.

  • Uninstall Aplikasi

Cara ini bisa Anda gunakan terutama jika Anda merasa memiliki pengendalian diri yang lemah. Unduh aplikasi belanja hanya saat Anda memang membutuhkannya untuk memenuhi kebutuhan. Menghapus aplikasi marketplace dari ponsel akan menghindarkan Anda dari notifikasi diskon yang bisa saja membuat Anda tergoda.

  • Perhatikan Biaya Admin Saat Transaksi

Belanja online erat kaitannya dengan transaksi yang membutuhkan top up, terlebih jika Anda belanja atau beli makanan seperti di Gojek. Untuk mengurangi belanja secara tunai atau cashless, Anda tentunya bisa menggunakan cara pembayaran via Gopay.

Sayangnya, untuk top up gopay dari bank konvensional akan dikenakan biaya yang jika nantinya terus diakumulasi akan menjadi besar nominalnya. Agar tetap hemat, Anda bisa top up gopay via flip karena tidak akan dikenakan biaya admin seperti saat top up dengan cara lain.

Langkah-langkah top up gopay via flip sangatlah mudah, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi Flip lalu memilih tujuan bank Gopay, kemudian tulis nominal yang akan Anda pakai untuk top up dengan minimal Rp10.000. Ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai.

Berbelanja online memang memberi banyak kelebihan. Agar tetap hemat, Anda bisa melakukan top up gopay via flip yang bebas biaya admin.