KIB Intens Jalin Komunikasi dengan Parpol Lain

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 10 Jul 2022 11:05 WIB

KIB Intens Jalin Komunikasi dengan Parpol Lain

i

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

SURABAYAPAGI.com, Jakarta – Setelah terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kini, mereka terus bergerilya untuk berkomunikasi politik dengan partai lain diluar partai yang masuk dalam KIB.

 

Baca Juga: Demokrat dan Golkar, Mulai tak Sepaham

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai penyerahan simbolis kurban di DPP Golkar, Jakarta Barat. “Ini kami sedang dalam proses (komunikasi),” kata Airlangga, Minggu (10/7/2022).

 

Airlangga menyebut komunikasi dan pendekatan dilakukan ke beberapa parpol. Namun ia tidak membeberkan nama parpol yang sedang didekatinya. “Namanya sedang (pendekatan), kalau sudah nanti diberi tahu,” kata dia.

 

Selain itu, Airlangga angkat bicara soal pertemuan antara Wapres ke-10 dan 12 yang juga eks Ketum Golkar Jusuf Kalla dengan Presiden ke-6 yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu. Menurutnya, tak ada larangan bagi JK untuk bertemu dengan tokoh mana pun.

 

“Pak JK bisa bertemu Pak SBY atau dengan siapapun,” kata dia.

 

Baca Juga: Suara Meningkat di Surabaya, Golkar Berhak Dapat Kursi Pimpinan Dewan

Menurutnya, pertemuan antara JK-SBY tidak membahas koalisi ataupun AHY disodorkan menjadi cawapres yang nantinya akan dampingi Airlangga. “Kita tunggu saja,” pungkasnya.

 

Sebelumnya, Partai Demokrat membantah telah menawarkan ketua umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat bertemu dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) agar diusung menjadi capres ataupun cawapres di Pilres 2024.

 

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan, selama berkomunikasi dengan partai lain, partai berlogo bintang mercy ini tidak mensyaratkan AHY harus menjadi capres atau cawapres.

Baca Juga: Politisi Muda Demokrat Mereaksi Politisi Gaek Golkar

 

"Enggak ada itu kita dalam komunikasi dengan semua partai itu enggak ada harus ketum AHY jadi capres atau cawapres nggak ada," ujar Herzaky saat dihubungi, Rabu (6/7/2022).

 

Herzaky menuturkan, saat ini partai bernuansa biru ini tengah membuka komunikasi dengan seluruh partai politik. Termasuk dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang di dalamnya terdiri dari Golkar, PPP dan Partai Amanat Nasional (PAN). (jk/erk)

Editor : Raditya Mohammer Khadaffi

BERITA TERBARU