KIB Usung Airlangga-Sandi, Jamiluddin Ritonga: Peluang Menang Kecil

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Jan 2023 12:32 WIB

KIB Usung Airlangga-Sandi, Jamiluddin Ritonga:  Peluang Menang Kecil

i

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga,

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Peluang memasangkan Airlangga Hartarto dan Sandiaga Uno, menurut pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, relatif besar pada Pilpres 2024 bila Sandi pindah ke PPP.

"Pasangan tersebut memang popularitasnya relatif tinggi. Keduanya saat ini menjabat menteri, sehingga mendapat banyak liputan media massa" ucapnya pada Rabu (18/1/2023) di Jakarta.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Md, tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran, Presiden dan Wapres Terpilih

Namun dekimikian, ujar Jamiluddin Ritonga, elektabilitas Airlangga dan Sandiaga Uno hingga saat ini masih rendah. Elektabilitas mereka jauh di bawah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

"Masih ada waktu untuk menggenjot elektabilitas pasangan Airlangga - Sandi. Namun kalau pun elektabilitasnya naik, tampaknya tidak akan signifikan. Setidaknya untuk menyamai, apalagi melampaui elektabilitas Anies, Ganjar, atau Prabowo tampaknya akan sulit," terangnya.

Baca Juga: Tudingan Politisasi Bansos tak Terbukti, Jokowi Senang

Ia mengatakan hal itu berpeluang terjadi, karena kader partai pendukung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) kurang militan. Bahkan kader partai pendukung KIB sebagian lebih mengagumi Anies dan Ganjar. Karena itu, mesin partai tiga partai pendukung KIB tidak akan maksimal memenangkan Airlangga-Sandi.

"Apalagi elektabilitas Anies, Ganjar, dan Prabowo dua tahun ini relatif stabil. Elektabilitas mereka terlalu jauh dengan elektabilitas Airlangga dan Sandi," jelas mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta.

Baca Juga: Anies Akui Prabowo, Keluarga Intelektual Terpandang

Peluang keberhasilan Arilangga dan Sandi, menurut Jamiluddin Ritonga relatif kecil.

"Jadi, bila pasangan Airlangga - Sandi dihadapkan dengan Anies atau Ganjar atau Prabowo, maka peluang menang relatif kecil. KIB bisa-bisa menjadi pecundang pada Pilpres 2024," tutup Jamiluddin Ritonga. dd

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU