KidZania Hadirkan Wahana Edukasi Beragam Profesi di Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 13 Des 2020 01:28 WIB

KidZania Hadirkan Wahana Edukasi Beragam Profesi di Surabaya

Baca Juga: Ortu Harus Bangun Komunikasi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Setelah sempag ditunda hampir setahun akibat pandemi Covid-19, KidZania akhirnya resmi beroperasi menyajikan wahana edukasi profesi bagi warga Kota Surabaya, Sabtu (12/12/2020). 
 
Wahana permainan anak-anak asal Meksiko itu terletak di lantai 2 & Mezzanine Lagoon Avenue Mall Sungkono, Kawasan Superblok Grand Sungkono Lagoon, Surabaya barat.
 
KidZania adalah angin segar dalam dunia anak-anak khususnya di Surabaya. Karena anak-anak tidak hanya mendapatkan tontonan, namun juga langsung mendapatkan pengalaman dan perspektif dunia kerja orang dewasa. 
 
"Edukatif tapi juga entertaining dan menyenangkan," terang City Mayor KidZania Surabaya, Tarno Darwan.
 
Kegiatan belajar menyenangkan tersebut dirancang bagi rentang usia 4-16 tahun. Sekaligus mempersiapkan anak menuju era industri 4.0.
 
Tiap sudut KidZania dibuat semirip mungkin dengan versi nyata. Misal rumah sakit. Ruang IGD terkoneksi dengan datangnya ambulans. 
 
"Ada mobile ambulans mini untuk menjemput pasien," imbuhnya. 
 
Selain rumah sakit, juga ada pabrik, mini market, dealer otomotif dan bank. Anak-anak bisa menjajal profesi pilot dan awak kabin dengan sensasi badan pesawat asli skala 1:1. Lengkap kokpit serta simulator penerbangan. 
 
Setelah bekerja di establishment, anak-anak memperoleh gaji dengan mata uang khusus KidZos. Ada bank untuk bertransaksi, bahkan kantor pajak untuk membayar pajak penghasilan. 
 
Tidak perlu khawatir, karena tidak ada pengangguran di sini. Ada Job Center yang mengarahkan anak-anak menuju establishment untuk bekerja. 
 
"Anak-anak tak akan bosan mengeksplorasi. Bagi orang tua, konsep yang disajikan KidZania ini dirasa pas untuk membangun tanggung jawab anak dan pola pikirnya," imbuh Tarno. 
 
Kidzania memiliki lebih dari 45 wahana permainan. Salah satunya establishment milik perusahaan bata ringan PT Citicon Nusantara Industries. Citicon membuka diri menjadi tempat belajar tentang konstruksi bagi mereka yang berada di level pendidikan atas hingga lanjut.
 
Tersedia dua aktivitas yang bisa dijajal di establishment Citicon Kidzania Surabaya. Yang pertama, Construction Site. Area tersebut diperuntukkan bagi usia 1-6 tahun. Di tempat itu anak-anak dapat bermain layaknya membangun sebuah konstruksi dengan menggunakan Bata Ringan Citicon dan Panel Sandwich Citicon.
 
Lalu ada Steel Structure yang diperuntukkan bagi usia 10 tahun ke atas atau jika tinggi badan anak cukup dan berani. Di sana anak-anak dapat melakukan kegiatan eksplorasi struktur baja dengan menggunakan peralatan safety seperti karmantel dan helm.
 
Guna mencegah penularan Covid-19 di KidZania Surabaya, pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Setiap pengunjung wajib menjaga jarak dan mengenakan masker. Jumlah pengunjung dibatasi menjadi 50% saja dari kapasitas normal. Setiap hand sanitizer disediakan di setiap wahana. Ruangan juga selalu disterilkan terlebih dulu sebelum sesi selanjutnya masuk. (byb)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU