Kiper Andalan Italia, Kokoh Bak Tembok Baja

Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma. SP/ UEFA

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Keberhasilan Italia mencapai babak semifinal Euro 2020 tak bisa lepas dari jasa sang kiper, Gianluigi Donnarumma. Dengan kehadiran Gianluigi Donnarumma di bawah mistar gawang, pertahanan timnas Italia kokoh bak tembok baja selama EURO 2020.

Pada laga terakhir melawan Belgia dalam fase perempat final, Jumat (2/7/2021), Donnarumma melakukan dua penyelamatan untuk membantu timnya meraih kemenangan 2-1.

Keajaiban tersebut berasal dari sarung tangan 'Kulit Setan' Gianluigi Donnarumma bersama timnas Italia pada EURO 2020. Gli Azzurri baru kebobolan dua gol dari lima pertandingan.

Dia mengenakan Adidas Predator Pro Hybrid sewaktu berhadapan dengan Belgia. Yang bikin perlengkapan tersebut menjadi unik adalah fitur motif duri-duri elastis di bagian atas.

Desain duri bernama Demonskin atau 'Kulit Setan' itu bertujuan mempermudah penjaga gawang ketika meninju bola.

"Elemen Demonskin tersebar di area yang biasa dipakai untuk meninju bola, membantu Anda menguasai bola. Desain tanpa perekat memberi Anda kuncian yang pas dan aman," ujarnya, Senin (5/7/2021).

"Adidas Predator Pro Hybrid menawarkan cengkeraman dan peredam kejut yang hebat dengan busa URG 2.0."

"Telapak tangan menekuk di semua tempat yang tepat, meniru gerakan alami tangan," lanjut tulisan tersebut.

Keajaiban sarung tangan setan milik Donnarumma akan kembali diuji ketika Italia meladeni Spanyol pada partai semifinal, Selasa (6/7/2021).

Penampilan paling impresif Donnarumma di Euro 2020 terlihat ketika Italia menghadapi Belgia pada laga perempat final hari Sabtu (3/7/2021). Perlu dicatat kalau Italia menang dengan skor 2-1 di laga tersebut.

Donnarumma bukanlah satu-satunya kiper yang mengenakan 'Demonskin'. Kiper Manchester United, David De Gea, diketahui menggunakan sarung tangan yang sama. Begitu juga dengan penjaga gawang Sheffield United, Aaron Ramsdale.

Besar kemungkinan Donnarumma akan dimainkan lagi saat Italia bertemu Spanyol dalam laga semifinal Euro 2020. Laga tersebut akan dilangsungkan di Wembley Stadium pada Rabu (7/7/2021) dinihari. Dsy1