KKN Unair Ke-63 Akan Dilaksanakan di 24 Provinsi Saat Pandemi Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Feb 2021 13:38 WIB

KKN Unair Ke-63 Akan Dilaksanakan di 24 Provinsi Saat Pandemi Covid-19

i

Ketua LPPM Unair, Dr dr Gadis Meinar Sari SP/DECOM

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Universitas Airlangga (Unair) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Belajar Bersama Masyarakat (BBM) berbeda dari sebelumnya. Pada KKN ke-63 kali ini dilakukan bukan hanya di Jawa Timur, tetapi hingga beberapa povinsi lainnya.

Dr dr Gadis Meinar Sari MKes, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unair, menjelaskan bahwa KKN dan BBM tahun ini akan tersebar di semua provinsi. Setidaknya saat ini ada 2.148 mahasiswa KKN ke-63 Unair yang tersebar di semua pulau di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Empat Kampus di Surabaya, ikut Bergolak

"Karena pandemi COVID-19, semuanya kan pulang ke daerah asal masing-masing. Sehingga KKN kali ini tersebar secara luas, mulai dari Aceh hingga Papua, totalnya ada 24 provinsi. Hal itu juga yang membuat kegiatan KKN BBM kali ini dijuluki sebagai KKN Nasional," kata Gadis, Jumat (5/2/2021).

Ketua LPPM Unair, mengungkapkan selain meluas, pelaksanaan KKN dan BBM Unair tahun ini akan lebih mengarahkan mahasiswa untuk melaksanakannya secara online. Walau begitu Gadis menuturkan jika kegiatan offline bisa saja dilaksanakan mahasiwa, dengan catatan wajib menegakkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Aksi Ksatria Muda Airlangga, Tandingan UNAIR Memanggil?

KKN yang berlangsung sejak januari lalu ini memiliki empat bidang program utama, diantaranya kesehatan yang fokus dalam penanganan Covid dan vaksinasi, pendidikan, pemberdayaan ekonomi khususnya di masa pandemi, serta bidang lingkungan dengan eco-green dan eco-tourism.

Gadis berharap dengan kasus Covid-19 yang tinggi, keberadaan mahasiswa KKN dan BBM Unair ini mampu memberikan dampak yang positif.

Baca Juga: Keresahan atas Pelaksanaan Pilpres 2024, Dirasakan juga oleh Puluhan Dosen Unair dan Unesa

 "Kegiatan KKN kali ini bisa disebut KKN Nasional, walaupun 80 persen ada di Jawa Timur. Harapan kami tentunya kegiatan ini memberi dampak bahwa peran Unair bisa dirasakan pada saat pandemi. Yaitu dengan turunnya mahasiswa-mahasiswa KKN di seluruh Nusantara mulai dari Aceh hingga Papua," harapnya. Arb5

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU