Klinik Mabarrot NU Karanggeneng Diharapkan bisa Naikkan Derajat Kesehatan Umat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 07 Sep 2022 16:25 WIB

Klinik Mabarrot NU Karanggeneng Diharapkan bisa Naikkan Derajat Kesehatan Umat

i

Bupati bersama jajaran Syuriah dan Ketua PCNU dan MWC NU Karanggeneng memotong pita.SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Klinik kesehatan di Lamongan terus bermunculan. Terbaru Klinik Mabarrot Nahdlatul Ulama Karanggeneng resmi beroperasi, seiring dengan peresmian yang dilakukan oleh bupati Yuhronur Efendi, Rabu (7/9/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati berharap dengan telah diresmikannya klinik ini, bisa meningkatkan derajat kesehatan bagi umat khususnya warga di sekitar Kecamatan Karanggeneng dan Lamongan pada umumnya.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

 “Senang dan bangga sekali saya bisa menggunting pita, melalui peresmian klinik mabarrot NU ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan umat terutama di wilayah Kranggeneng dan sekitarnya,” harapnya.

 

Disebutkan olehnya, saat ini capaian Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lamongan berada pada angka 73,12 (kategori tinggi)dan capaian indek kesehatan meningkat sebesar 0,808. Meningkatnya indeks ini tentu dipengaruhi meningkatnya angka harapan hidup dan menurunnya angka kematian di Lamongan.

Untuk terus meningkatkan berbagai pelayanan tersebut, bupati mengajak seluruh pihak tak terkecuali Nahdlatul Ulama untuk bergandeng tangan dan bersinergi dalam mewujudkan cita-cita terutama mengangkat indek kesehatan di Lamongan.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

“Seluruh pembangunan baik bidang kesehatan, pendidikan maupun ekonomi, pemerintah tidak bisa sendiri. Artinya kita harus berseiring bersama, bergandeng tangan dengan seluruh pihak komponen masyarakat termasuk ormas NU ini," ujarnya. 

Karena sudah cukup banyak yang sudah dilakukan oleh  NU dalam pengabdiannya, mendirikan lembaga pendidikan, mendirikan pusat kesehatan dan perguruan tinggi. "Saya yakin jika k link ini dikelola dengan serius akan semakin berkembang menjadi besar,” katanya.

Berbagai program juga terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, selain menambah pelayanan kesehatan seperti RSUD Karangkembang, pada tahun ini pemkab telah melakukan pembebasan lahan untuk persiapan lahan RSUD Brondong. Termasuk dengan program HCS (Home Care Service) yang bekerjasama dengan TP PKK Lamongan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat rentan dan membutuhkan.

Baca Juga: Atasan dan Bawahan Ini Saling Berhadapan, "Partai" ASN Akhirnya Terbelah

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wabup Abdul Rouf, Rois Syuriah PCNU Lamongan KH.Salim Ashar, ketua PCNU Lamongan H. Supandi Awaludin, Direktur Klinik Mabarrot NU Karanggeneng dr Sri Wiji Lestari serta jajaran NU lainnya.

Gedung Klinik Mabarrot Nahdlatul Ulama Karanggeneng dilengkapi berbagai pelayanan mulai dari pelayanan poli umum dan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), UGD 24 jam, pelayanan persalinan 24 jam, laboratorium, farmasi, gizi serta ruang rawat inap sebanyak 5 bed yang melengkapi fasilitas klinik ini.

Sementara untuk menunjang berbagai fasilitas tersebut, juga didukung dengan tenaga kesehatan yang mumpuni seperti dokter, bidan, perawat, apoteker, analis kesehatan, ahli gizi hingga keamanan yang berjumlah 22 orang. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU