Komandan Kodim 0808 Blitar, Lakukan Panen Raya Petik Jagung

Saat Dandim melakukan panen raya petik jagung. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Komandan Kodim 0808 Blitar Letkol Inf Sapto Dwi Priyono SE melakukan panen raya petik Jagung di lahan milik Perhutani Blitar di Desa Kedungbunder Kec.Sutojayan Kabupaten Blitar pada Sabtu (5/11).

Pelaksanaan hasil panen raya petik Jagung seluas 1 Ha tersebut nantinya akan dikembalikan ke masyarakat Kelurahan Kedungbunder khususnya untuk membantu sedikit meringankan bahan pangan masyarakat yang sampai saat ini masih terdampak pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum 100 % persen pulih dari pandemi.

"Dengan panen raya petik jagung ini memang baru kali ini oleh Kodim Blitar, hal ini merupakan tindak lanjut dari perintah Bapak KASAD atas arahan Presiden untuk terus melakukan ketahanan pangan, Alhamdulillah berkat kerjasama dengan pihak Perum Perhutani kami di sediakan lahan kosong seluas 1 Ha untuk ditanami Jagung, pelaksanaan penanaman ini oleh Koramil Sutojayan bersama elemen masyarakat, atas kegigihan warga masyarakat bersama Perhutani dan anggota Koramil pagi ini kita awali panen raya petik Jagung." Sambutan Letkol Inf Sapto.

Panen raya petik jagung itu dihadiri seluruh perwakilan elemen masyarakat, Adm Perum Perhutani bersama beberapa stafnya, Kepala desa Kedungbunder selain Muspika Kec Sutojayan yang mengikuti petik panen raya bersama Komandan Kodim 0808 Blitar.

"Perlu diingat bahwa jagung masih merupakan bahan Import tertinggi, untuk itu sesuai arahan Presiden dan perintah Bapak KASAD kita berusaha untuk mengurangi Impor jagung, apa lagi khususnya di wilayah Kabupaten Blitar, kita hekerja sama dengan perhutani yang menyiapkan lahan kosong untuk ditanami berupa Padi, Jagung dan tanaman tanaman kultural yang bermanfaat bagi masyarakat," tandas Pamen TNI berbadan Atletis ini.

Tepat pukul 10.00 Komandan Kodim Blitar Letkol Inf Sapto didampingi Kapolsek Sutojayan, Camat Sutojayan Danramil Sutojayan juga Afm Perhutani melakukan petik pertama Tanaman Jagung seluas 1 Ha itu.

Setelah melaksanakan Petik Jagung di lanjutkan penanaman tanaman tumpang sari yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dan di ketahui lahan kosong seluas 1 Ha yang ditanami jagung berada di sela sela pohon jati yang begitu rindang di erèng ereng jalan raya Kedungbanteng Kec Kedungbunder Sutojayan.

Mengakhiri kegiatan petik Jagung Letkol Sapto Dwi Priyono pada wartawan menyampaikan kegiatan pertahanan tanam pangan ini akan terus berkesinambungan di beberapa wilayah kecamatan, seperti Kec Doko, Kec Garum Kec Wates dua lahan dan Kec Ponggok.

"Ini bukan sekedar program biasa, ini akan tetap berlanjut sampai perintah itu dicabut, maka kami berkomitmen program ini terus berjalan, tidak saja hanya Live Service ini harus nyata, dan hasilnya bisa dinikmati warga masyarakat, memang persiapan mungkin ada kendala, itu merupakan salah satu seni usaha, maka TNI/POLRI dan elemen masyarakat terus bersinergi mensukseskan program ini," Pungkas Pamen TNI yang tegas dan tegap ini. Les