Komitmen Turunkan Stunting, Inovasi Canting Gulo Mojo Antar Kota Mojokerto Raih Top 45 KIPP

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 22 Nov 2023 17:17 WIB

Komitmen Turunkan Stunting, Inovasi Canting Gulo Mojo Antar Kota Mojokerto Raih Top 45 KIPP

i

Wali kota menerima penghargaan Top 45 KIPP dari Menteri PAN-RB atas inovasi Canting Gulo Mojo.

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto -  Pemkot Mojokerto meraih penghargaan dalam Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023 Klaster Pemkot atas inovasi Canting Gulo Mojo (Cegah Stunting, Gerak Unggul Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas kepada Wali kota Ika Puspitasari di Jakarta, pada Selasa (21/11/2023).

“Alhamdulillah, terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat. Inovasi ini adalah komitmen lintas sektor untuk menurunkan angka stunting di Kota Mojokerto. Hingga berhasil mencapai angka 2,26 persen per-September tahun ini,” ungkap wali kota.

Baca Juga: Sidak Gudang Bulog, Pj Wali Kota Pastikan Stok Beras Aman Hingga 6 Bulan Kedepan

Perlu diketahui, Canting Gula Mojo merupakan inovasi yang digagas oleh Dinkes PPKB melalui pemberdayaan masyarakat dan kolaborasi lintas sektor untuk mewujudkan zero new stunting (nol kasus stunting baru) di Kota Mojokerto. Implementasinya dilakukan dari hulu ke hilir, mulai dari remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, ibu pascasalin, hingga balita dengan melibatkan lintas sektor.

Baca Juga: Gak Pakai Lama, Pj Wali Kota Mojokerto Perbaiki Jalan Ambrol Menuju Wisata TBM

Terbukti, inovasi tersebut berkontribusi dalam menekan angka stunting dari waktu ke waktu. Berdasarkan data Elektronik Pencatatan Laporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPBGBM) angka stunting di tahun 2019 sebesar 9,04 persen turun menjadi 7,71 di berikutnya. Kemudian di tahun 2022 menjadi 4,84 persen dan 3,12 persen di 2022. Hingga saat ini yang hanya menyisakan 2,26 persen per-September 2023.

Baca Juga: BenHitz Vaganza Meriah, Pj Wali Kota Euforia dengan Ribuan Pengunjung

Lebih lanjut, penerapan inovasi ini juga mengantarkan Kota Mojokerto termasuk dalam salah satu nominasi Kota Terinovatif dalam IGA (Innovative Government Award) 2023 yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri RI. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU