Home / Peristiwa : Pelajaran Buat Polisi Berpoligami

Kompol D Baru Ketahuan, Usai Istri Sirinya Tabrakan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Feb 2023 20:06 WIB

Kompol D Baru Ketahuan, Usai Istri Sirinya Tabrakan

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta -  Kompol D atau Dwi Yuniar Mukti, dimutasi Gegara beristri dua. Terungkapnya pamen Polri berpoligami karena istri sirinya, tabrakan, Jumat 20 Januari 2023. Nur (23) Warga Bandung, ngaku istri polisi. Setelah ditelusuri, ternyata benar, Kompol D dinas di Polda Metro Jaya. Saat ini, Kompol D, juga sedang menangani kasus pembunuhan serial killer supranatural Wowon cs.

Kini  Kompol D dimutasi. Perintah pindahnya  tertuang dalam Surat Telegram bernomor ST/41/I/KEP./2023 tanggal 31 Januari 2023.

Baca Juga: Kasat Reskrim dan Eks Kapolsek Lakarsantri Di-Propam-kan Dini

Mutasi Kompol D dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. Dwi Yuniar terlahir dikeluarga yang cukup terpandang. Pasalnya dirinya merupakan seorang lulusan Akpol sedangkan sang adik berhasil masuk satuan Akmil.

"Intinya, ada reward, ada punishment. Program Pak Kapolda jelas, sebagai suatu reward saja, mutasi ini juga merupakan bagian daripada reward dalam rangka peningkatan kemampuan dan pembinaan karier masing-masing personel. Namun keseimbangan organisasi juga tentu komitmen dan konsekuensi, apabila ada pelanggaran, tentu pada punishment," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (1/2/2023).

Trunoyudo menyebut Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018, anggota Polri dilarang untuk melakukan poligami. Ketentuan polisi dilarang poligami itu diatur dalam Pasal 4.

Aturan tersebut mengatur tentang tata cara pengajuan perkawinan, perceraian, dan rujukan bagi pegawai negeri di lingkungan Polri.

 

Usai Tabrak Mahasiswi

Istri siri Kompol D, terungkap usai kematian Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, mahasiswi Cianjur yang ditabrak oleh mobil Audi A6, yang ditumpangi Nur. Mobil ini membuka perselingkuhan Kompol D dengan Nur (23).

Nur merupakan penumpang dalam mobil yang melindas Selvi. Ia juga yang menyuruh sopirnya untuk masuk ke dalam rombongan mobil Polisi yang menuju TKP pembunuhan berantai di Cianjur.

Identitas Nur, istri siri Kompol D sekaligus saksi kunci dalam kecelakaan maut yang menewaskan mahasiswi UNSUR pada 20 Januari 2023 di Cianjur, Jawa Barat cukup misterius.

Pasalnya, hingga kini sosok Nur belum muncul kembali, terutama untuk menjelaskan kepada publik tentang hubungan sesungguhnya antara dirinya dengan Kompol D.

Dalam keterangannya saat itu, Nur sempat mengelak bahwa mobil Audi A6 yang disupiri oleh Sugeng mencelakakan mahasiswi bernama Selvi Amalia Nuraini (19) hingga tewas.

Dia juga sempat mengatakan bahwa mobilnya termasuk ke dalam iring-iringan mobil polisi, yang di antaranya terdapat Kompol D.

Namun, klaim Nur bahwa dirinya istri Kompol D dibantah oleh Kapolres Cainjur AKBP Doni Hermawan.

Baca Juga: Bripka Nuril Dicopot dari Kanit Binmas, Gegara Sang Istri Lakukan Cyberbullying

Ini setelah wanita di mobil Audi A6 yang menabrak Selvi, mengaku sebagai istri kedua pamen Polda Metro Jaya.

 

Kompol D Ditahan

Pengakuan Nur itu tak hanya membuat Kompol D diperiksa Propam Polda Metro Jaya. Kompol D juga ditahan di tempat khusus dan dimutasi ke Pelayanan Markas (Yanma) Polda Metro Jaya atas pelanggaran kode etik karena skandal beristri dua.

Sebelum ada pengakuan Kompol D, status hubungan Nur dengan Kompol D, sempat simpang siur.

Dilansir dari berbagai sumber, Nur diketahui merupakan warga Kota Bandung, Jalan Sukabumi yang telah memiliki seorang anak.

Nur terlahir dari orangtua berdarah Australia (bapak) dan Bandung

 

Baca Juga: MA Ungkap Alasan Korting Ferdy Sambo, Mengabdi 30 Tahun di Polri dan Akui Kesalahan

Banyak Raih Prestasi

Kompol D dikenal sebagai seorang yang banyak meraih prestasi. Ia berkesempatan menjadi Purna Paskibraka pada tahun 2004.

Pada tahun 2009 ia mengenyam pendidikan di Akademi Kepolisian atau Akpol. Karirnya di kepolisian meroket.

Dirinya pernah menjabat sebagai Kanit Krimsus di Polres Kabupaten Bekasi.

Juga sempat menjabat sebagai Kanit 2 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Ini sebelum ia tersandung kasus memiliki istri 2.

Kompol D juga sempat diberangkatkan ke Australia dalam rangka memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah Internasional.

Trunoyudo mengatakan pemeriksaan terhadap Kompol Dwi masih berlangsung. Dia menegaskan setiap anggota yang melakukan pelanggaran akan mendapat sanksi. "Program Bapak Kapolda jelas, komitmennya bagaimana membangun suatu pembinaan karier, ada reward, pasti ada punishment," ujarnya. n jk/ban/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU