Kondisi Covid-19 di Surabaya 'Menggila', Pasien Inden RSLI Capai 214 Orang

Para penyintas covid-19 yang dinyatakan sembuh oleh DPJP RSLI. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Surabaya terus meningkat. Bahkan persentase tingkat penggunaan tempat tidur di rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) kini mencapai 70 persen.

Salah satu rumah sakit di Surabaya seperti Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) secara transparan melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/06/2021) persentase BOR telah mencapai 92,5%. Bahkan pasien yang dalam antrian pun membludak hingga lebih dari 200 orang.

"Kondisi menggila [pasien] inden tembus 214 orang," kata ketua relawan pendamping Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 Rumah Sakit Lapangan Indrapura (PPKPC-RSLI) Radian Jadid, Minggu (27/06/2021).

Khusus 214 pasien yang inden atau masuk dalam daftar antri di RSLI, mayoritas berasal dari lokal surabaya dan sekitarnya. Hingga saat ini, pasien yang inden masih berada di rumah masing-masing ataupun tempat karantina. 

Sementara untuk jumlah pasien yang dirawat di RSLI hingga saat ini mencapai 379 orang. Jumlah ini terdiri atas beberapa kluster yakni kluster Madura sebanyak 58 orang, Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebanyak 65 orang dan pasien mandiri sebanyak 256 orang. 

Secara jenis kelamin, pasien yang tengah menjalani perawatan di RSLI didominasi oleh laki-laki dengan jumlah mencapai 230. Sementara untuk pasien perempuan sebanyak 149 orang.

"Kapasitas tempat tidur masih tersisa 31 bed. Dimana 26 bed untuk pasien laki-laki, 4 bed untuk pasien perempuan dan satunya lagi untuk observasi," katanya.

Terkait musabab lonjakan kasus covid-19, Jadid menjelaskan, masih banyak masyarakat yang abai dengan protokol kesehatan (prokes). Ditambah lagi, mutasi covid-19 dengan munculnya varian baru seperti varian delta mengakibatkan penyebaran semakin masif. 

"Jumlah itu bisa jadi lebih banyak lagi, karena banyak orang yang keluarganya terpapar, tapi tidak melapor dan berusaha isoman seadanya. kalau tiba-tiba memberat dan fats, lari ke RS dalam keadan sulit ditolong," aku Jadid.

Sebagai informasi, bagi pasien positif swab PCR yang akan masuk ke RSLI harus mengisi google form yang telah disediakan. Setelah menginput data, maka calon pasien akan masuk daftar antri. Selanjutnya silahkan ditunggu hingga dihubungi oleh petugas untuk bersiap masuk RSLI jika sudah disiapkan kamarnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan perawatan di RSLI, silahkan mengisi form pendaftaran di link berikut, http://bit.ly/pendaftaran-RSLI  .sem