KONI Jatim Kirim 58 Atlet Anggar di Kejurnas 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 28 Okt 2022 13:22 WIB

KONI Jatim Kirim 58 Atlet Anggar di Kejurnas 2022

i

Seremoni pelepasan atlet anggar Jatim di gedung KONI Jatim di Kertajaya, Surabaya, Rabu (26/10/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Komite Olahraga Nasional Indonesia Jawa Timur (KONI Jatim) melepas sebanyak 58 atlet anggar Jatim untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Cibubur Jakarta Timur, yang akan degelar pada 27 Oktober hingga 3 November 2022.

“Dari jumlah 69 kontingen anggar, 58 merupakan atlet, selebihnya pelatih dan tim official,” kata Ketua Umum KONI Jatim saat memberi sambutan dalam sesi pelepasan di gedung KONI Jatim di Kertajaya, Surabaya, pada Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: Bupati Ikfina Raih Penghargaan Pemerintah Peduli Olahraga di Ajang KONI Jatim Award 2023

Sementara itu, Ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Jatim, Ali Ruchi menyampaikan, 58 atlet yang ada berdasar hasil penjaringan tim pelatih sesuai rangking masing-masing atlet. Sejumlah atlet itu akan mengikuti penuh total 24 nomor.

"Jadi kita memiliki data base mulai pra kadet, kadet hingga senior, dari rangking tersebut kami meminta pengurus kabupaten/kota menugaskan atlet tersebut dalam kejurnas itu," ujar Ali.

Ali menargetkan dua medali emas dari nomor sabel dan degen senior. Namun, ia tidak menutup kemungkinan bisa menambah dari nomor lain.

Hasil Kejurnas ini nanti akan menjadi tolok ukur bagi IKASI Jatim untuk merekrut atlet agar masuk dalam program Puslatda Jatim proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh - Sumatera Utara.

Lebih lanjut, Ali mengaku, para atlet dalam kondisi sangat siap karena sebelumnya sudah dimasukkan dalam pemusatan latihan yang berlangsung di Sidoarjo.

Dalam kesempatan itu, Nabil juga mengaku cukup kagum melihat banyaknya atlet Anggar yang akan membela Jatim yang berarti menunjukkan berjalannya pembinaan.

Baca Juga: Koni Jatim Award 2023, Kota Mojokerto Raih Penghargaan 'Pemerintah Peduli Olah Raga'

Nabil juga memberikan semangat kepada seluruh atlet anggar, agar dapat mengikuti kejuaraan dengan maksimal.

“Harus bersemangat, adik-adik sudah tidak mewakili diri sendiri, sudah tidak mewakili daerah, tetapi sudah Jatim. Harus siap menang,” ujar Nabil.

Ia berpesan kepada seluruh atlet untuk tetap dapat menjaga kondisi, baik di dalam maupun di luar arena pertandingan.

“Selamat berangkat untuk mengikuti Kejurnas, tidak boleh minder, tidak boleh sombong, kadang-kadang kalau menang sedikit akan sombong, dan sombong itu pasti mengurangi kemampuan,” tutupnya.

Baca Juga: DPRD Sampang Kesengsem Prestasi KONI

Selain itu, ia juga membangkitkan motivasi para atlet yang sedang mengikuti seremoni pelepasan itu, agar dapat terus meningkatkan performanya. Dengan banyaknya atlet yang ada, ia harap muncul atlet-atlet potensial yang akan mengharumkan nama Jatim, bahkan Indonesia.

"Saya ekspetasi dan harapan besar karena recordnya bisa memberi yang terbaik bagi Jatim, semoga bisa mewakili Indonesia. Harus pikir begitu, tidak bisa kita berpikir hanya bela kab/kota tapi gimana bisa tampil Porprov, PON bahkan sampai Sea Games," tutur Nabil.

Nabil berharap momen ini tidak hanya mengukur prestasi atlet saja tapi juga momen untuk melihat peta kekuatan Anggar. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU