KONI Jatim Mulai Proses Seleksi, Calon Atlet Puslatda Jalani Tes Kesehatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Sep 2022 09:57 WIB

KONI Jatim Mulai Proses Seleksi, Calon Atlet Puslatda Jalani Tes Kesehatan

i

Calon atlet puslatda saat menjalani tes kesehatan di gedung KONI Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim) resmi membuka program pemusatan latihan daerah (puslatda) untuk proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara. Untuk mendapatkan atlet yang terbaik, KONI Jatim telah memulai tahapan seleksi atlet yang akan masuk pada program pemusatan latihan daerah (Puslatda) Jawa Timur.

Data mencatat sebanyak 300 lebih atlet telah mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi sesuai daftar cabor yang sudah ditentukan masuk program Puslatda tahun 2022.

Baca Juga: Bupati Ikfina Raih Penghargaan Pemerintah Peduli Olahraga di Ajang KONI Jatim Award 2023

Tahapan awal seleksi dilakukan dengan tes kesehatan mulai dari pengecekan darah lengkap, tes urine, tensi, dan konsultasi bersama tim dokter. Tes kesehatan tersebut dilakukan di Gedung KONI Jatim pada 12-17 September 2022. Selanjutnya, pada tahap kedua akan diadakan tes fisik dalam waktu dekat

“Kami memulai seleksi pertama ditujukan kepada atlet-atlet eks PON Papua lalu yang mendapat medali, kalau ada kuota yang kosong boleh diganti atlet lain. Tapi, kalau tidak ada maka kuotanya kita alihkan ke cabor yang memiliki potensi,” kata Ketua KONI Jatim, M Nabil, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Koni Jatim Award 2023, Kota Mojokerto Raih Penghargaan 'Pemerintah Peduli Olah Raga'

Seleksi ini akan dilakukan secara ketat lantaran KONI Jatim ingin meraih prestasi lebih baik di PON 2024 dengan atlet-atlet dan proses pembinaan yang baik.

Nabil menuturkan, hal terberat selama seleksi puslatda berlangsung adalah menjaga konsistensi dari atlet itu sendiri. Pasalnya, KONI Jatim menerapkan sistem promosi dan degradasi, dimana atlet yang tidak bisa menjaga kemampuannya selama puslatda bisa terdepak.

Baca Juga: DPRD Sampang Kesengsem Prestasi KONI

“Kalau tidak memenuhi syarat pasti kami coret. Jadi bukan sekadar seleksi tapi kita ingin atlet berkualitas,” tutur Nabil.

Puslatda Jatim-100 tahun 2022 ini nantinya diikuti oleh peraih medali saat PON Papua lalu sekitar 300 atlet, kemudian jumlah atlet ini nantinya akan semakin bertambah seiring dengan hasil prestasi mereka sepanjang 2022 yang kemudian para atlet ini masuk di Puslatda Jatim-100 tahun 2023. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU