Konsumsi Labu Kuning Bantu Tangkal Covid-19

Labu Kuning. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Mengonsumsi labu kuning ternyata mampu menangkal Covid-19. Hal tersebut dijelaskan oleh spesialis gizi klinik, dr. Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK, bahwa mengonsumsi labu kuning memang dapat membantu pemulihan pasien Covid-19, namun tidak bisa digunakan untuk mengobati virus corona.

Labu kuning memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, Christopher menjelaskan bahwa labu kuning ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu makanan peningkat asupan vitamin A kita.

"Vitamin A merupakan salah satu bahan yang memodulasi imunitas kita juga. Jadi, labu kuning ini bisa dipilih sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan asupan vitamin A kita. Selain dari wortel, tomat, dan dari hati ayam," ungkapnya, Selasa (27/7/2021).

Menurut Christopher, selama kita tidak mengonsumsi labu kuning dalam jumlah yang berlebihan, buah tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memenuhi asupan vitamin A kita.

"Karena kan kalau kita kena Covid-19, sel-sel di tubuh kita rusak, saluran pernapasan sel-sel epitelnya juga rusak, saluran cernanya pun pasti ada yang rusak. Nah, vitamin A itu adalah salah satu perannya menggantikan sel-sel yang rusak tadi," jelas dr. Christopher Andrian.

Selain itu, menurut Guru besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Zullies Ikawati, Apt, mengatakan belum ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa labu kuning hangat bisa menyembuhkan penderita Covid-19. "Belum ada hasil penelitiannya," tegas Prof Zullies.

Prof Zullies menjelaskan labu kuning memang mengandung antioksidan dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan. Meski begitu, manfaat labu kuning itu tidak dikhususkan untuk pasien yang terinfeksi Covid-19.

Berdasarkan penelitian yang ada, labu kuning memiliki banyak manfaat. Misalnya menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, menekan risiko terkena kanker, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga kesehatan kulit. Dsy14