Kota Pasuruan Terima 1.460 Vaksin Covid-19 di Bulan Februari

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 14 Jan 2021 11:07 WIB

Kota Pasuruan Terima 1.460 Vaksin Covid-19 di Bulan Februari

i

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Pasuruan, Pemerintah telah memberikan jatah 1.460 vaksin Covid-19 untuk tahap pertama. Vaksin tersebut akan diterima pada Bulan Februari, Kamis (14/1/2021).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat mengatakan bahwa Kota Pasuruan akan mendapatkan jatah Vaksin Covid-19 di Bulan Februari di termin 2.

Baca Juga: Ngabuburit Bersama Dukcapil, Cetak KTP-el dan Bagi Takjil Gratis

"Kota Pasuruan yang akan datang itu tahap 1 termin 2. Termin 1 kan Surabaya, Gresik, Sidoarjo. Kota Pasuruan akan mendapatkan vaksin di termin 2 Bulan Februari. Jumlahnya 1.460 dosis dari pengajuan awal 1.757," katanya.

Menurut Kokoh, sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 1 adalah tenaga kesehatan dan SDM kesehatan serta pejabat publik. "Ada 10 dosis vaksin untuk pejabat publik," terang Plt Asisten 1 Pemkot Pasuruan ini.

Kokoh kembali menambahkan, saat ini pemkot juga sudah siapkan gedung farmasi di kantor Dinkes untuk penyimpanan vaksin. Tempat pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas-puskesmas juga sudah siap.

"Termasuk tenaga vaksinatornya sudah siap 65 orang," jelasnya.

Kokoh mengatakan, secara keseluruhan Kota Pasuruan membutuhkan 150 ribu dosis vaksin.

Baca Juga: Angin Kencang Rusak 3 Rumah Warga di Pasuruan

"Kebutuhan total warga 150 ribu dosis. Tahapannya sudah diatur pemerintah pusat, tahap pertama nakes dan semua SDM kesehatan dulu," tambahnya.

Untuk diketahui, sasaran vaksinasi Covid-19 pada tahap 1 adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran, yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Tahap 2 adalah petugas pelayanan publik, yaitu anggota TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya serta kelompok usia lanjut (≥ 60 tahun).

Baca Juga: Warga Pasuruan Tewas Terkena Ledakan Bondet

Sasaran vaksinasi tahap 3 meliputi masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial dan ekonomi. Terakhir, vaksinasi tahap 4 sasarannya masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin. Dsy9

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU