KPU Kota Pasuruan Rekrutmen Anggota PPS

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Des 2022 16:29 WIB

KPU Kota Pasuruan Rekrutmen Anggota PPS

i

Gedung kantor KPU kota Pasuruan

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan – Setelah menetapkan 20 panitia pemilihan kecamatan (PPK), KPU Kota Pasuruan kini membuka pendaftaran panitia pemungutan suara (PPS). Pendaftaran calon anggota PPS itu akan berlangsung hingga 30 Desember mendatang.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Nanang Abiding menyampaikan, seluruh badan ad hoc disiapkan untuk bertugas pada Pemilu 2024 mendatang. Karena itu rekrutmen mulai dilakukan mulai dari petugas penyelenggara di tingkat kecamatan hingga kelurahan.

Baca Juga: Hakim MK Heran, KPU Pelit Beberkan Sirekap

Dari rekrutmen sebelumnya KPU sudah menetapkan PPK di masing-masing kecamatan. Kali ini, rekrutmen yang tengah berjalan yakni PPS. ”Total kebutuhan sebanyak 102 orang,” kata Nanang.

Jumlah anggota PPS yang direkrut tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing kelurahan. Karena ketentuannya setiap kelurahan setidaknya harus ada tiga anggota PPS.

Baca Juga: KPU: Realisasi Anggaran Pemilu 2024 Capai Rp 40 Triliun

Mekanisme pendaftaran PPS itu, lanjut Nanang, juga tidak jauh berbeda dengan ketika rekrutmen PPK. Dalam tahapan pemilu kali ini, KPU menerapkan seminim mungkin penggunaan berkas dalam pendaftaran badan ad hoc. Semua sudah dialihkan dengan teknologi digital.

”Pendaftaran badan ad hoc dalam pemilu kali ini memakai aplikasi Siakba. Jadi semua calon peserta nanti melakukan pendaftaran termasuk kelengkapan berkasnya lewat aplikasi tersebut,” kata Nanang.

Baca Juga: Sambut Hasil Rekapitulasi KPU, Pj Wali Kota Mojokerto Ajak Masyarakat Tetap Kondusif

Kendati demikian, pihaknya akan tetap melakukan seleksi secara ketat mulai dari tahapan administrasi, tertulis hingga wawancara. Sebab penyelenggara pemilu tidak hanya dituntut memiliki kompetensi dan pengetahuan mengenai kepemiluan. Melainkan juga harus memiliki integritas yang tinggi.

”Sesuai dengan jadwal tahapannya perkiraan nanti prosesnya akan selesai pada Januari 2023,” ungkapnya. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU