Kualitas Perbaikan Jalan Jelek, Bupati Jember Tegur PU Bina Marga

Tangkapan layar Bupati Jember Hendy Siswanto saat mengecek kualitas Jalan Proliman arah ke Semboro Jember.

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Bupati Jember Hendy Siswanto memberikan teguran terhadap  Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Kabupaten Jember. Teguran tersebut disampaikan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPU Bina Marga lantaran dinilai tidak serius dalam pengerjaan perbaikan jalan di Desa Tembokrejo, Kecamatan Gumukmas, Jember. Kualitas aspal jalan yang diperbaiki tidak sesuai dengan spesifikasi.

Hal itu terlihat dalam video yang diunggah di website Pemkab Jember. Dalam video itu, Bupati Hendy terlihat sedang menelepon Plt Kepala DPU Bina Marga Rahman Anda dari lokasi jalan yang ia temukan tidak sesuai dengan spesifikasinya saat sedang kunjungan kerja di desa tersebut.

Dalam video itu juga terpantau saat Bupati Hendy memfoto jalan. Ia memfoto jalan itu setelah melihat kualitasnya jelek. Padahal jalan itu baru diaspal pada pekan lalu.

“Halo Pak Rahman, saya ada di Jalan Proliman arah ke Semboro ini. Ini jalan baru diaspal seminggu yang lalu pak, kok elek pak (kok jelek pak), elek banget pak,” ujar Bupati Hendy kepada Rahman.

“Ini kasar pak, aspalnya kurang ini. Ini baru satu minggu yang lalu. Sampean cek lagi ya, terus sama layment-nya juga tidak bagus, kanan kiri ada genangan air ini. Insyaallah satu bulan buyar ini,” tegas bupati dalam video yang di-upload di situs Pemkab Jember pada Jumat (3/9) malam pukul 20.21 WIB.

Dalam dialog melalui sambungan telepon itu, Hendy juga menanyakan PT yang mengerjakan proyek tersebut. Namun, Rahman tidak menyebutkan. Bahkan Hendy meminta kepada Rahman untuk tidak membayar kepada kontraktor yang mengerjakan perbaikan jalan tersebut.

“Siapa nama perusahaannya ini, (pihak yang mengerjakan jalan tersebut). Saya keliling-keliling ini ngecek pekerjanya sampean. Cari tahu, kabari saya nama perusahaannya ya, tolong ya, sama kontraktornya siapa. Jangan dibayar dulu ya,” tegasnya.