Kuliner Sichuan, Sensasi Rasa Pedas Khas China

Salah satu menu makanan pedas khas China, Sichuan. SP/ CH

SURABAYAPAGI.com, China - Menu makanan pedas khas China, Sichuan. Terkenal dengan rasa pedanya, kuliner Sichuan belakangan mendapatkan tempat di Indonesia terlihat dari beberapa restoran China yang menyediakan menu makanan pedas ini.

Masakan Sichuan memiliki kombinasi cita rasa asam, pedas, panas, manis, pahit, asin dan beraroma khas. Untuk menu pedas, kuliner Sichuan yang otentik harus menggunakan rempah-rempah istimewa Sichuan untuk menghasilkan sensasi pedas yang unik di mulut.

Beberapa bahan dasar yang umumnya digunakan adalah lada Sichuan hijau dan merah, lada hitam, cabai kering, cabai segar, bawang merah, jahe dan bawang putih.

Beberapa bahan dasar yang umumnya digunakan adalah lada Sichuan hijau dan merah, lada hitam, cabai kering, cabai segar, bawang merah, jahe dan bawang putih.

Salah satunya, Sichuan Style Groupper Fish Soup. Sup ikan kerapu yang disajikan dalam mangkuk penuh cabai kering serta lada merah dan hijau Sichuan. Disajikan dengan tahu, tauge kuning, rebung, dan tahu.

Tak hanya pedas, namun sensasi hangat langsung terasa begitu menyeruputnya. Uniknya, setelah menyantap, lidah dan bibir akan teras kelu. Tapi tak perlu khawatir, sensasi kelu tidak akan bertahan lama.

Hidangan Sichuan lainnya adalah Baked Cod Fish with Sichuan Pepper and Onion. Ikan kod panggang yang disajikan dengan cabai Shicuan serta asparagus. Selain ikan, hidangan laut lainnya adalah Sichuan Braised Shrimp Balls with Chilli and Vegetables. Udang saus tiram yang disajikan bubuk cabai, dan sayuran.

Hidangan Sichuan berbahan dasar daging yang dapat dicoba adalah Sichuan Pepper Beef Tendon. Irisan daging yang empuk disajikan dengan cabai, bawang. Dsy20