Kunjungan Wisatawan ke Pasuruan Capai 2,3 Juta Orang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Jan 2023 15:40 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Pasuruan Capai 2,3 Juta Orang

i

Tempat wisata yang ada di kawasan kabupaten Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Sejak Presiden Jokowi mencabut PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di tahun lalu, tingkat kunjungan wisata ke Kabupaten Pasuruan semakin meningkat. Sebagai buktinya, sepanjang tahun 2022 lalu, total ada 2.378.297 wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pasuruan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, Eka Wara Brehaspati mengatakan, lebih dari 2 juta wisatawan tersebut datang ke tempat-tempat wisata andalan Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: Dinas PU Bina Marga Pasuruan: 2024 ada Proyek Perbaikan Jalan Rusak

Dari sekian banyak tempat wisata, paling banyak yang dikunjungi adalah Taman Safari Indonesia II Prigen dengan jumlah sekitar 600 ribu pengunjung.

Kemudian disusul Cimory Prigen yang sukses menyedot anemo pengunjung sampai hampir setengah juta orang. Selanjutnya Pemandian Telogo Sewu Pandaan, Kebun Raya Purwodadi, TNBTS di Tosari, Saygon Waterpark, Taman Ria Suropati, Kebun Kurma, dan Pemandian Alam Banyubiru.

"Jumlah ini kami dapatkan dari tiket masuk ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Pasuruan. Paling banyak TSI II Prigen hingga menyumbang lebih dari enam ratus ribu wisatawan setiap tahunnya," kata Eka saat ditemui di ruangannya, Kamis (19/01/2023).

Baca Juga: Operasi Pasar Murah Efektif Turunkan Harga Bapok

Dijelaskannya, data jumlah pengunjung yang berwisata di Kabupaten Pasuruan sepanjang tahun 2022 adalah yang sudah melapor melalui jumlah tiket masuk. Bisa jadi, jumlahnya semakin banyak lantaran ada tempat wisata yang belum melaporkan data jumlah wisatawan.

"Ada yang tidak melaporkan, sehingga bisa jadi kemungkinannya semakin banyak jumlah pengunjung yang berwisata di Kabupaten Pasuruan," jelasnya.

Lebih lanjut, Eka menegaskan bahwa kenaikan jumlah wisatawan ke Kabupaten Pasuruan bila dibandingkan dengan tahun 2021 lalu mencapai 50%. Yakni naik sebanyak 1.019.000 orang dari tahun lalu dengan jumlah 1.359.297 orang.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Selain tak lagi dibatasi, seluruh masyarakats epertinya sudah rindu untuk refreshing bersama keluarga, rekan bisnis dan yang lainnya.

"Sekarang hotel-hotel saja sudah nolak-nolak tamu yang booking kamar. Ini menandakan bahwa banyak orang yang piknik, liburan atau menghabiskan waktu berhari-hari di Kabupaten Pasuruan," tegasnya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU